> >

Rekrutmen CPNS-PPPK Dibuka Maret 2024, Ini Link dan Cara Cek Data Non-ASN BKN

Tren | 20 Februari 2024, 14:05 WIB
Ilustrasi. Cara cek pendataan non ASN. (Sumber: kemkes.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV Pemerintah akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Maret 2024.

Nantinya, formasi CPNS 2024 akan dibuka banyak untuk fresh graduate, sementara PPPK diperuntukkan bagi pegawai non-ASN atau honorer di instansi pemerintah.

“Seleksi PPPK menjadi fokus utama pemerintah untuk melakukan penataan pegawai non-ASN, sehingga 100 persen formasi PPPK akan dibuka untuk pegawai non-ASN di instansi pemerintah,” ujar MenpanRB Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI, di Komplek DPR-MPR RI, Kamis (18/1/2023).

Diketahui, pemerintah akan melakukan penataan pegawai honorer maksimal Desember 2024.

Adapun penataan tenaga non-ASN adalah terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca Juga: Link dan Cara Cek Apakah NIP CPNS dan NI PPPK 2023 Sudah Keluar atau Belum

Pendataan non-ASN merupakan tindak lanjut dari berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK yang mewajibkan status kepegawaian di lingkungan Instansi Pemerintah terdiri dari 2 (dua) jenis kepegawaian, yaitu PNS dan PPPK sampai tanggal 28 November 2023.

Pendataan non-ASN ini berisi data Tenaga Honorer (THK-II) yang terdapat dalam Database BKN dan Pegawai non-ASN yang telah bekerja pada Instansi pemerintah.

Untuk itu, tenaga honorer dapat memastikan bahwa data mereka telah terdaftar dan tercatat dengan benar melalui situs pendataan-nonasn.bkn.go.id.

Selain itu, tenaga honorer juga bisa melakukan pengecekan apakah ia masuk dalam pendataan non-ASN atau belum.

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU