> >

Jangan Main-Main, Ini 4 Bahaya Asam Sulfat Bagi Tubuh Manusia

Kesehatan | 7 Desember 2023, 07:30 WIB
Ilustrarasi Asam sulfat (Sumber: KOMPAS.COM)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Asam sulfat (H2SO4) merupakan bahan kimia berbahaya yang berifat korosif. Melansir laman ScienceDirect, asam sulfat atau sulfiric acid adalah cairan kimia yang terdiri dari belerang, oksigen, dan hidrogen. 

Asam sulfat dibuat dengan melarutkan sulfur trioksida dalam air. Bentuk asam sulfat yaitu cair dan bening seperti minyak. 

Asam sulfat tidak berbau, tidak berwarna, dan dapat larut dalam air. Asam sulfat sering digunakan dalam industri kimia dan manufaktur, misalnya dalam pembuatan pupuk, aki, pulp, dan kertas.

Baca Juga: Akui Keliru Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Gibran: Maaf, Mohon Dikoreksi

Fungsi asam sulfat lainnya yaitu untuk penyulingan minyak dan gas. Selain itu, asam sulfat juga dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai bahan kimia, seperti asam nirat (HNO3) dan asam klorida (HCL).

Asam sulfat juga digunakan untuk bahan pembuatan deterjen, larutan aerosol atau pembersih kamar mandi, dan obat-obatan. Asam mineral anorganik ini sangat beracun bagi tubuh manusia.

Dikutip dari CDC, berikut bahaya asam sulfat bagi tubuh manusia:

1. Bahaya Kontak Kulit

Asam sulfat dapat menyebabkan luka bakar kimia yang parah pada kulit. Luka bakar ini dapat berupa luka bakar derajat 1, 2, atau 3. Luka bakar derajat 1 adalah luka bakar yang menyebabkan kemerahan dan nyeri. 

Luka bakar derajat 1 biasanya terjadi jika asam sulfat mengenai kulit dalam waktu yang singkat atau dalam konsentrasi yang rendah. Luka bakar derajat 1 biasanya sembuh dalam waktu beberapa hari tanpa meninggalkan bekas.

Luka bakar derajat 2 menyebabkan lepuhan dan nyeri. Luka bakar derajat 2 biasanya terjadi jika asam sulfat mengenai kulit dalam waktu yang lebih lama atau dalam konsentrasi yang lebih tinggi. 

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU