> >

Apa Itu Mati Batang Otak dan Penyebabnya? Dialami Bocah 7 Tahun Asal Bekasi usai Operasi Amandel

Kesehatan | 3 Oktober 2023, 18:14 WIB
Ilustrasi. Berikut penjelasan tentang apa itu mati batang otak dan penyebabnya. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang bocah tujuh tahun asal Bekasi berinisial A didiagnosis mengalami mati batang otak dan meninggal dunia usai menjalani operasi amandel.

Bocah A meninggal dunia pada Senin (2/10/2023) pukul 18.45 WIB. Sebelumnya, ia menjalani operasi amandel di Rumah Sakit Kartika Husada Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa, 19 September 2023

Pihak keluarga A lantas melaporkan delapan orang dari Rumah Sakit Kartika Husada Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

Kedelapan orang tersebut antara lain dokter anastesi, dokter THT, dokter spesialis anak, hingga direktur RS, dilaporkan atas dugaan malapraktik.

"Yang di mana itu (laporan) tentang undang-undang kesehatan dan kedua tentang perlindungan konsumen," kata kuasa hukum keluarga A, Cahaya Christmanto, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Keluarga Bocah yang Meninggal usai Operasi Amandel dan Didiagnosis Mati Batang Otak Laporkan 8 Orang

Ia berharap Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya segera menyelidiki kasus ini dan pihak RS Kartika Husada Jatiasih mengikuti proses hukum.

"Kami mengharapkan kembali kepada Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk segera mengambil keputusan ini, mengambil tindakan cepat agar pihak RS memberikan respons yang cepat juga," imbuhnya.

Apa Itu Mati Batang Otak?

Menurut National Center of Biotechnology, brain death atau mati batang otak (MBO) adalah hilangnya seluruh fungsi otak secara permanen, termasuk batang otak.

Orang yang mengalami mati batang otak tidak akan sadar kembali. Jantung mereka bisa berfungsi dan bisa bernapas hanya dengan alat bantu hidup buatan.

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/NCBI/NHS


TERBARU