> >

Tips Berpuasa untuk Pasien Diabetes, IDI: Perlu Menyusun Perencanaan Minum saat Sahur

Kesehatan | 24 Maret 2023, 20:52 WIB
Ilustrasi cek darah untuk ketahui penyakit diabetes pada remaja. (Sumber: Grid.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membagikan tips aman bagi penderita diabetes agar tetap menjalankan ibadah puasa.

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Surabaya Jongky Hendro Prayitno menjelaskan, penderita diabetes perlu menyusun perencanaan minum pada saat sahur dalam rangka menghindari dehidrasi saat berpuasa, di antaranya, menghindari minuman yang membuat penderita diabetes sering buang air kecil seperti kopi dan teh.

“Dehidrasi pasti, tapi bisa direncanakan minumnya,” kata Jongky di Jakarta, Jumat (24/3/23) dikutip dari Antara.

“Jadi kalau minum jangan dipilih ada efek yang membuat terkencing-kencing seperti kopi dan teh. Hindari yang seperti itu. Lebih baik air putih, air dingin silakan,” tambahnya.

Selain itu, penderita diabetes juga harus memilih makanan yang tidak menyebabkan hiperglikemi atau hipoglikemi pasca-makan. 

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini di Bandung, Surabaya, Semarang dan Makassar, Jumat 24 Maret 2023

Ia memerinci hiperglikemi dalam hal ini berarti kondisi Diabetes Militus (DM) pada tubuh pasien yang tidak terkontrol, sehingga kadar glukosa darah sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 300 miligram per desiliter. 

Sedangkan Hipoglikemi adalah kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal.

Jongky menjelaskan, berpuasa bisa menyebabkan penderita diabetes mengalami hiperglikemi jika saat berbuka terlalu banyak makan berkalori dan akan mengalami hipoglikemi apabila kurang memakan yang berkalori.

Oleh sebab itu, makanan dengan karbohidrat kompleks sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sedekat mungkin dengan subuh agar penderita diabetes tidak terlalu lapar sehingga saat buka puasa tidak makan berlebih.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU