> >

REVIEW GANGAN ASAM KEPALA PATIN BANJARMASIN | Rasanya Enak dan Sederhana

Cerita rasa | 20 Januari 2020, 13:04 WIB

Kalimantan Selatan terkenal dengan ikan sungainya yang enak-enak, salah satunya patin. Salah satu tempat makan di Banjarmasin yang menyajikan ikan patin sungai adalah Rumah Makan Patin Hj. Husniah yang lokasinya di Jalan Pasar Baru Laut No.14 Banjarmasin. 

Kehadiran rumah makan yang semula dihajatkan untuk melayani para pedagang, buruh angkut dan pengunjung pasar itu semakin melengkapi daftar destinasi kuliner tradisional di Kota Seribu Sungai.

Karena di rumah makan itu menyajikan aneka masakan tradisional khas Banjar, dengan menu andalannya ikan patin dengan sayur asam.

Meski sederhana pengunjung terlihat menikmati dan antusias berkunjung ke tempat ini. Selain bisa menyantap masakan tradisional Banjar, suasana di rumah makan itu juga asyik. Dalam sejarahnya, rumah makan tersebut berdiri sejak 1975. Sesuai namanya, Rumah Makan Hj Husniah, karena rumah makan ini didirikan oleh Hj Husniah sendiri. Namun dalam perkembangannya, tepatnya pada awal 2003 baru ada perubahan di bagian manajemen. Karena rumah makan tersebut langsung dikendalikan adik Hj Husniah, yakni Hj Ida.

Memang menu favorit rumah makan tersebut adalah ikan patin yang dipadu dengan sayur asam kepala patin. Setiap pengunjung tak lupa memesan menu andalan ini karna rasanya gurih dengan campuran rasa asam dari kuah yang membuat pengunjung susah melupakan kelezatan kuliner tradisional ini. Selain gangan asam kepala patin, di Rumah Makan Patin Hj Husniah ini juga menawarkan beberapa menu lainnya seperti patin goreng, ayam goreng, udang galah yang tidak kalah lezatnya dan bisa menjadi pilihan para pengunjung.

Tak heran jika setiap hari menghabiskan 50 kilogram ikan patin untuk disajikan kepada pengunjung mulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

 

Penulis : Krisna-Aditomo

Sumber : Kompas TV


TERBARU