> >

Resep Risol Sayur, Lengkap dengan Cara Membuat Kulit Risoles Antirobek

Cerita rasa | 11 November 2022, 15:43 WIB
Iustrasi - Resep risol atau risoles sayur antigagal. (Sumber: Kompas.com)

SOLO, KOMPAS.TV – Risoles atau risol belakangan digandrungi masyarakat Indonesia menyusul viralnya kudapan ini di media sosial.

Tidak ada yang tahu pasti dari mana resep risol ini berasal. Banyak sumber mengatakan kudapan ini berasal dari benua Eropa, terutama Prancis.

Risoles dulunya disebut roinsolles, mulai dikenal pada abad ke-13. Dalam istilah kuliner Prancis, verba rissoler berarti menjadikan coklat.

Kala itu, makanan ini sekadar panekuk yang digoreng di penggorengan memakai mentega atau lemak sapi/lemak babi. Dalam perkembangannya, makanan ini kemudian diisi dengan daging cincang

Sebuah rissole selalu dibungkus oleh pastri gelembung atau sejenisnya, biasanya digoreng, tetapi kadang-kadang dipanggang di oven.

Hingga saat ini sudah banyak pengembangan dari isi risol. Ada risol mayonaise, risol daging asap, risol sayur, dan risol jamur.

Seperti dilansir AKG FKM UI, satu potong risol dengan berat 40 gr mengandung sekitar 134 kilokalori.

Jika risoles tersebut berisi sayuran, maka dapat dipastikan terdapat banyak kandungan vitamin di dalamnya. Umumnya risol sayuran diisi dengan wortel yang kaya akan vitamin A.

Baca Juga: Membuat Risol Mayo Seperti yang Enak dan Mudah

Jika kamu penasaran dengan rasa kudapan ini, kamu bisa membuat sendiri di rumah, loh. Kamu bisa menggunakan kulit lumpia sebagai pembungkus risol.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU