> >

Jokowi: Kartu Pra Kerja Bukan untuk Menggaji Pengangguran!

Cerita indonesia | 10 Desember 2019, 19:46 WIB

Presiden Joko Widodo menegaskan kartu pra kerja bukan untuk menggaji pengangguran. Jokowi menyebut banyak masyarakat yang salah persepsi mengenai hal tersebut. Hal itu diungkapkan Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai Akselerasi Implementasi Program Siap Kerja dan Perlindungan Sosial di Istana Kepresidenan, Selasa (10/12/19).

Jokowi menjelaskan, melalui program kartu pra kerja dari pemerintah, maka akan membiayai pelatihan atau vokasi untuk para pencari kerja mulai dari usia 18 tahun ke atas. Pesertanya tidak sedang menjalani pendidikan formal, melainkan para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pemerintah pun segera meluncurkan program kartu pra kerja pada Agustus 2020 mendatang. Sebelum diluncurkan, program ini akan terlebih dulu diuji coba pada Maret 2020 di 2 kota besar, yakni Jakarta dan Bandung. Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah tengah mengebut penyelesaian Peraturan Presiden soal program kartu pra kerja. Perpres itu diharapkan bisa rampung dan ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Desember 2019.

#Jokowi #KartuPraKerja #Pengangguran

Penulis : Desy-Hartini

Sumber : Kompas TV


TERBARU