> >

[TOP 3 NEWS] Jokowi Cek Karhutla di Riau, Kabut Asap Selimuti Sejumlah Wilayah, Capim KPK Disahkan

Top 3 news | 16 September 2019, 22:00 WIB

Berikut tiga berita terpopuler yang terjadi pada Senin (16/9/19) versi KompasTV.

Berita pertama, Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Riau. Jokowi mengecek kebakaran hutan dan lahan serta penanganannya. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta beberapa menteri lainnya turut mendampingi Presiden Jokowi.

Basuki pun mengatakan sudah menyiapkan langkah untuk menangani karhutla. PUPR juga bekerja sama dengan badan restorasi gambut dalam hal rehabilitasi gambut. Sedangkan PUPR membantu membuat saluran air.

Terkait karhutla, BMKG Pekanbaru merilis jumlah titik panas di Riau menurun. Hanya kondisi asap memang masih pekat. Jumlah titik panas yang terdeteksi di Riau hanya 45 lokasi pada level confidence 70 persen. Jumlah ini jauh berkurang dibanding beberapa hari sebelumnya yang berasa di atas angka 150 titik panas.

Berita kedua, sudah lebih dari sebulan bencana kabut asap menyelimuti beberapa kota di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebut sudah lebih dari 238 ribu hektar lahan terbakar hingga saat ini.

Berbagai upaya pemadaman telah dilakukan, tetapi kabut asap masih tak kunjung hilang. Tak hanya mengganggu jadwal penerbangan, kabut asap juga membuat aktivitas warga tak lagi nyaman. Bahkan kabut asap mulai menyerang kesehatan pernapasan warga hingga banyak yang terkena ISPA. Kini sejumlah cara tengah dilakukan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Berita ketiga, pimpinan KPK terpilih 2019 – 2023 disahkan dalam rapat paripurna DPR. Kelima pimpinan KPK terpilih, yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR menyatakan DPR telah selektif memilih calon pimpinan KPK dari 10 nama yang diserahkan presiden. Dari 10 nama yang diserahkan pansel pada presiden, rekam jejak capim KPK punsempat dipersoalkan sejumlah pihak.

Setelah pengesahan oleh DPR, Presiden Jokowi akan melantik lima pimpinan KPK yang baru. Mereka akan dilantik pada Desember 2019 setelah masa tugas pimpinan KPK periode Agus Rahardjo habis.

#KabutAsap #JokowikeRiau #RevisiUUKPK

Penulis : Dian Septina Editor : Desy-Hartini

Sumber : Kompas TV


TERBARU