> >

Jokowi: Jangan Tunggu Chaos Baru Kita Bertindak, Terlambat!

Cerita indonesia | 20 Mei 2021, 12:15 WIB

RIAU, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mewanti-wanti dan menyoroti kasus Covid-19 di Riau yang melonjak drastis. Presiden memperingatkan agar penanganan kasus Covid-19 jangan sampai menunggu kondisi keos.

"Begitu ada satu kasus positif di sebuah RW langsung isolasi, karantina, kalau berat tadi disampaikan Pak Menkes, bawa ke rumah sakit. Tetapi hati-hati kalau sudah turun jangan lengah, jangan hilang kewaspadaan, jangan lengah dan jangan tunggu chaos baru kita bertindak, terlambat," ujar Presiden Jokowi pada Rabu, 19 Mei 2021.

Presiden Jokowi menjelaskan pentingnya penanganan Covid-19 di Riau untuk menekan kasus Covid-19 secara nasional.

"Kenapa saya datang ke Riau ini karena ingin mengingatkan, mengingatkan kita semuanya betapa kita perlu bekerja bersama-sama, jangan lengah dan ada respons yang cepat kalau ada peningkatan,"ujar Jokowi.

"Data itu selalu setiap hari menjadi makanan sehari-hari saya. Posisi setiap provinsi seperti apa, posisi nasional seperti apa. Kabupaten kota seperti apa, kelihatan semuanya. Saya datang ke sini juga dalam rangka itu, karena angkanya kelihatan," kata Presiden.

Jokowi pun menyayangkan adanya tren kenaikan kasus Covid-19 di Riau.

"Coba kita lihat kasus aktif di Riau, bulan Februari coba kita lihat masih rendah, Februari masih rendah yang dulu 2020 di tertinggi, sudah turun sebetulnya, sudah turun sampai ke angka 1.071 di Februari sudah turun ini, ada kelengahan pasti, begitu Maret naik, 1.302 langsung. April naik menjadi 4.865. Meskipun sekarang turun sedikit tapi masih di posisi yang tinggi, hati-hati mengenai ini, hati-hati," ujar Jokowi.

Video Editor: Mukhammad Rengga

Penulis : Sadryna-Evanalia

Sumber : Kompas TV


TERBARU