> >

7 Investor Tertarik Garap Food Estate di Humbang Hasundutan Sumut

Cerita indonesia | 28 Oktober 2020, 22:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan sejauh ini sudah ada 7 investor yang tertarik untuk terlibat dalam pengembangan food estate di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Saat ini, Kementerian Pertanian (Kementan) memang tengah mendorong pengembangan kawasan lumbung pangan (food estate) hortikultura berbasis korporasi.

Ketujuh pihak swata yang telah menanamkan modal yakni PT Indofood, PT Calbee Wings, PT Champ, PT Semangat Tani Maju Bersama, PT Agra Garlica dan PT Agri Indo Sejahtera, dan PT Karya Tani Semesta.

"Ada sekitar 7 investor yang sudah siap, dan tentunya akan mendukung omzet untuk kesejahteraan para petani," ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (28/10/2020).

Ia menjelaskan, tanaman hortikultura yang akan dikembangkan di food estate Humbahas adalah kentang, bawang merah, dan bawang putih.

Adapun total luas areal yang dipersiapkan untuk food estate Humbahas mencapai 1.000 hektar pada tahun ini, yang sumber dananya dari APBN untuk lahan seluas 215 hektar dan dari swasta untuk lahan seluas 785 hektar.

Baca Juga: 30 Ribu Hektar Lahan Akan Dijadikan Food Estate di Sumatera Utara

Penulis : Laura-Elvina

Sumber : Kompas TV


TERBARU