> >

Menlu Blinken Kepada Pemimpin Yahudi AS: Eskalasi dengan Iran Bukanlah Kepentingan Israel

Kompas dunia | 17 April 2024, 07:33 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam pertemuan dengan jajaran pemimpin lobi Yahudi di Amerika Serikat hari Selasa, 16/4/2024, mengatakan eskalasi konflik antara Israel dan Iran bukanlah kepentingan Washington atau Yerusalem, seperti dikutip oleh peserta pertemuan. (Sumber: Anadolu)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam pertemuan dengan jajaran pemimpin lobi Yahudi di Amerika Serikat hari Selasa (16/4/2024) mengatakan eskalasi konflik antara Israel dan Iran bukanlah kepentingan Washington atau Yerusalem, seperti dikutip oleh peserta pertemuan.

Pada saat yang sama, Blinken menekankan AS tidak mengarahkan Israel untuk menghindari respons, karena akhirnya itu adalah keputusan Israel. "Bijaklah, strategislah, dan batasilah sebisa mungkin," begitu salah satu peserta menggambarkan pesan Blinken.

Seorang pejabat AS lain mengatakan AS percaya jika Iran menyerang lagi, "akan sangat sulit untuk meniru kesuksesan besar yang kita capai pada hari Sabtu... dan orang Israel tahu itu," menyitir klaim keberhasilan Israel dan sekutu mencegat drone dan rudal Iran.

Blinken juga mengemukakan Hamas mungkin menolak tawaran perdamaian terbaru karena mereka berharap serangan Iran akan memicu konflik lebih luas.

Hamas mungkin saat ini merasa perlu membuat kesepakatan karena tampaknya eskalasi regional kemungkinan tidak terjadi, kata Blinken.

Baca Juga: Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tetap Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

 

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Times of Israel


TERBARU