> >

12 Warga Palestina Tewas Tenggelam Usai Berusaha Ambil Bantuan AS yang Mendarat di Laut

Kompas dunia | 28 Maret 2024, 12:05 WIB
Bantuan udara yang dijatuhkan dari langit di Gaza. Bantuan udara yang dijatuhkan AS dari udara membuat 12 orang tewas tenggelam. (Sumber: CNN)

GAZA, KOMPAS.TV - Sebanyak 12 warga Palestina tewas tenggelam secara mengerikan ketika berusaha ambil paket bantuan Amerika Serikat (AS) yang mendarat di laut.

Insiden tersebut terjadi di Pantai Gaza di dekat Beit Lahia, Senin (25/3/2024).

Rekaman yang diterima CNN tentang insiden itu memperlihatkan warga Palestina berlari ke tempat di mana bantuan dijatuhkan dari udara.

Baca Juga: Israel Tak Pedulikan Resolusi DK PBB, Netanyahu: Kemenangan di Gaza akan Dicapai Beberapa Pekan Lagi

Salah satu gambar grafik memperlihatkan warga sipil berusaha melakukan CPR terhadap beberapa tubuh yang tak responsif dalam upaya putus asa menyadarkan mereka.

Salah seorang saksi, Abu Mohammad, yang menjadi saksi mata insiden tersebut mengatakan bantuan dijatuhkan jauh dari pantai ke laut.

Ia melanjutkan sejumlah pria, yang diketahui tak bisa berenang kemudian tenggelam saat mencoba mengambilnya.

“Arusnya deras dan parasutnya jatuh ke air. Masyarakat mau makan dan lapar,” katanya.

“Saya belum dapat menerima apa pun. Para pemuda bisa lari, dan mendapatkan bantuan tetesan ini. Tapi untuk kami, itu cerita yang berbeda,” ujarnya.

Abu Mohammad menegaskan bahwa warga Palestina meminta agar persimpangan dibuka dengan cara yang seharusnya. “Tapi metode memalukan seperti ini tak bisa diterima,” ucapnya.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : CNN


TERBARU