> >

AS Akan Terjunkan Bantuan dari Udara Untuk Warga Gaza, Ini yang Penting Untuk Diketahui

Kompas dunia | 3 Maret 2024, 03:05 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat (1/3/2024) mengumumkan Amerika Serikat akan melakukan operasi penerjunan dari udara bantuan kemanusiaan ke Gaza di tengah konflik Israel-Hamas yang terus berlanjut. Inilah yang perlu kita ketahui tentang pernyataan Biden (Sumber: AP Photo)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat (1/3/2024) mengumumkan Amerika Serikat akan melakukan operasi penerjunan dari udara bantuan kemanusiaan ke Gaza di tengah konflik Israel-Hamas yang terus berlanjut. Inilah yang perlu kita ketahui tentang pernyataan Biden, seperti laporan Associated Press, hari Sabtu, (2/3/2024).

Kapan Operasi Penerjunan Udara Bantuan untuk Warga Gaza Dimulai

Biden menyatakan operasi penerjunan bantuan akan dikoordinasikan dengan Yordania, yang melakukan beberapa putaran penerjunan ke Gaza beberapa bulan terakhir, dan akan dimulai dalam "beberapa hari mendatang." Pengiriman pertama diperkirakan berupa makanan, paket ransum militer yang dikenal sebagai MREs, dengan bantuan lainnya mungkin menyusul.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, belum memberikan jadwal yang lebih tepat untuk operasi penerjunan bantuan dari udara, tetapi mengatakan putaran pertama bukanlah yang terakhir.

Alasan Penerjunan Bantuan dari Udara Baru Sekarang

Keputusan Biden diambil setelah setidaknya 115 warga Palestina tewas dan lebih dari 750 lainnya terluka hari Kamis, dibunuh tentara Israel, saat mencoba mengakses bantuan di utara Gaza menurut kementerian kesehatan Gaza.

Amerika Serikat mendorong Israel untuk mempercepat aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza dan membuka pintu masuk ketiga ke wilayah tersebut, tetapi kekerasan hari Jumat menunjukkan tantangan berat dan ketidakpedulian Israel yang menghadang.

"Kehilangan nyawa ini sangat menyedihkan," kata Biden saat mengumumkan keputusannya untuk melakukan operasi penerjunan bantuan dari udara, "Orang-orang sangat putus asa."

Baca Juga: Biden Akan Berikan Bantuan ke Gaza Lewat Jalur Udara, tapi 2 Kali Salah Sebut Jadi Ukraina

Raja Yordania Abdullah II di atas Hercules C-130 sebelum menerjunkan bantuan di Gaza. Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat (1/3/2024) mengumumkan Amerika Serikat akan melakukan operasi penerjunan dari udara bantuan kemanusiaan ke Gaza di tengah konflik Israel-Hamas yang terus berlanjut. Inilah yang perlu kita ketahui tentang pernyataan Biden. (Sumber: Petra News Agency Jordan)

Bagaimana AS Bisa Memastikan Bantuan Sampai ke Warga

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Associated Press


TERBARU