> >

Indonesia Desak Dunia Internasional Ikut Bertanggung Jawab Selesaikan Permasalahan Rohingya

Kompas dunia | 12 Desember 2023, 14:46 WIB
Pengungsi Rohingya makan siang saat berada di tenda penampungan sementara kawasan pesisir pantai Desa Kulam, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie, Aceh, Rabu (22/11/2023). (Sumber: Ampelsa/Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia mendesak dunia Internasional untuk ikut bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan pengungsi Rohingya.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam konferensi persnya, Selasa (12/12/2023).

Terkait permasalahan Rohingya ini, kata Iqbal, Indonesia menilai yang harus diselesaikan terlebih dahulu adalah konflik yang terjadi di Myanmar.

"Indonesia menegaskan kembali posisi bahwa yang harus diselesaikan adalah akar masalahnya. Akar masalahnya adalah konflik di Myanmar yang hingga saat ini belum selesai," kata Iqbal.

"Indonesia akan melakukan semua kemampuannya untuk membantu agar konflik di Myanmar dapat segera diselesaikan dan demokrasi segera dipulihkan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal juga menyoroti tindak pidana yang terjadi dengan memanfaatkan pengungsi Rohingya yang saat ini banyak datang ke wilayah Aceh yaitu people smuggling dan human trafficking.

"Indonesia sebagai pihak di dalam Konvensi PBB mengenai kejahatan transnasional memiliki kewajiban internasional untuk mencegah dan ikut memberantas perdagangan manusia dan penyelundupan migran," ucapnya.

Maka dari itu Indonesia melakukan tindakan tegas terhadap pelaku penyelundupan manusia dan perdagangan manusia di pengungsi Rohingya di wilayah Aceh ini.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Ungkap Progres Penanganan Pengungsi Rohingya

Lebih lanjut, Iqbal kemudian mendesak dunia internasional khususnya negara-negara yang menjadi pihak Konvensi Pengungsin serta komunitas internasional untuk ikut menyelesaikan permasalahan pengungsi Rohingya ini.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU