> >

Elon Musk Tolak Undangan Hamas untuk Datang ke Gaza: Agak Berbahaya saat Ini

Kompas dunia | 30 November 2023, 17:35 WIB
Elon Musk berada di Israel dan bertemu PM Netanyahu, Senin (27/11/2023). Dalam kunjungannya, Musk berkeliling di lokasi serangan Hamas, sebagai respons terhadap kecaman atas tuduhan bahwa dia mendukung teori konspirasi antisemit di platform media sosial X miliknya. (Sumber: Rolling Stone)

GAZA, KOMPAS.TV - Miliarder Amerika Serikat Elon Musk menolak undangan dari kelompok Hamas untuk datang berkunjung ke Gaza.

Membalas cuitan di X atau Twitter yang menyebut Hamas mengundang dirinya ke Gaza, Musk menjawab bahwa saat ini situasinya masih berbahaya.

Namun, CEO Tesla dan SpaceX itu yakin bahwa kemakmuran Gaza adalah suatu hal yang baik untuk semua pihak.

"Tampaknya agak berbahaya saat ini, tapi saya yakin bahwa Gaza yang makmur dalam jangka panjang akan baik bagi semua pihak," tulis Musk.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hamas mengundang Elon Musk untuk melihat secara langsung pembantaian dan kehancuran yang dilakukan Israel di Jalur Gaza.

Undangan itu datang setelah Musk berkunjung ke wilayah Israel yang diserang milisi Hamas pada 7 Oktober.

Pejabat senior Hamas, Osama Hamdan, ingin Musk juga mengunjungi Palestina agar memperoleh perspektif yang lebih menyeluruh dalam konflik dengan Israel.

Baca Juga: Hamas Undang Elon Musk ke Gaza: Lihatlah Pembantaian dan Kehancuran yang Dilakukan Israel

“Kami mengundang beliau mengunjungi Gaza untuk melihat sejauh mana pembantaian dan kehancuran yang dilakukan terhadap masyarakat Gaza, sesuai dengan standar objektivitas dan kredibilitas,” kata Hamdan dalam konferensi pers di Beirut dikutip dari Al Jazeera, Rabu (29/11/2023).

“Dalam waktu 50 hari, Israel menjatuhkan lebih dari 40.000 ton bahan peledak ke rumah warga Gaza yang tidak berdaya,” imbuhnya.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU