> >

Kapal Luar Angkasa India Cari Lokasi Pendaratan Aman di Bulan, Lebih Beruntung ketimbang Rusia?

Kompas dunia | 21 Agustus 2023, 21:05 WIB
Foto dari Vikram, pendarat pesawat luar angkasa India, Chandrayaan-3, yang memperlihatkan permukaan bulan untuk mencari lokasi pendaratan yang aman. (Sumber: Isro Via BBC)

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Kapal luar angkasa India dilaporkan telah mencapai kutub selatan Bulan dan kini tengah mencari lokasi pendaratan yang aman.

Badan Luar Angkasa India (Isro) telah merilis foto dari sisi terjauh Bulan untuk menemukan lokasi pendaratan yang aman.

Gambar-gambar tersebut diambil oleh Vikram, pendarat pesawat luar angkasa Chandrayaan-3, yang memulai fase terakhir misinya, Kamis (17/8/2023).

Vikram yang membawa sebuah rover di perutnya, akan mendarat pada 23 Agustus 2023.

Baca Juga: Pesawat Luar Angkasa Rusia Menabrak Bulan, Sempat Alami Situasi Tak Normal

Foto-foto tersebut muncul sehari setelah pesawat luar angkasa Rusia, Luna-25, menabrak Bulan setelah berputar keluar kontrol.

Pesawat yang merupakan misi pertama Rusia ke Bulan setelah nyaris 50 tahun tersebut, tengah berusaha mendarat untuk pertama kalinya di kutub selatan Bulan.

Namun, mengalami masalah ketika bergerak menuju orbit untuk pra-pendaratan.

Dikutip dari BBC, Isro mengungkapkan pada Senin (21/8/2023), pendarat dari Chandrayaan-3, telah memetakan area pendaratan dan mengambil gambar dengan kamera deteksi dan pencegah racun.

Isro menambahkan, gambar hitam dan putih tersebut akan membantu mereka menemukan lokasi pendaratan yang aman, tanpa batu besar atau parit yang dalam.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : BBC


TERBARU