> >

Penobatan Raja Charles III: Lebih dari Sepuluh Orang Ditangkap

Kompas dunia | 6 Mei 2023, 17:32 WIB
Polisi saat menangkap aktivis dari kelompok anti-monarki, Republic, jelang penobatan Raja Charles III di London, Sabtu (6/5/2023). (Sumber: Twitter RepublicStaff)

LONDON, KOMPAS.TV - Hari penobatan Raja Charles III, Sabtu (6/5/2023), diwarnai oleh aksi-aksi penangkapan polisi.

Reporter Sky News di lapangan melaporkan lebih dari sepuluh penangkapan telah dilakukan sejauh ini. Sedangkan Kepolisian Metropolitan London mengonfirmasi tujuh penangkapan.

Sebagian besar orang yang ditangkap berasal dari kelompok yang merencanakan demonstrasi saat penobatan Raja Charles III.

Pemimpin kelompok anti-monarki Inggris Raya, Republic, turut ditangkap oleh polisi.

Baca Juga: Link Live Streaming Penobatan Raja Charles III di Wesminster Abbey

Salah satu aktivis Republic, Luke Whiting, mengaku pihaknya telah mengomunikasikan demonstrasi dengan polisi.

Polisi pun disebut telah mengizinkan aksi protes berlangsung asalkan tidak secara langsung menginterupsi prosesi penobatan.

"Sepertinya (demonstran) telah ditangkap menggunakan kekuatan baru. Ini adalah hal yang cukup mengkhawatirkan, kami sangat terkejut," kata Whiting kepada Sky News, Sabtu (6/5).

"Dalam masyarakat demokratis, adalah hak dasar kami untuk melakukan ini secara damai dan itulah yang kami rencanakan," lanjutnya.

Sementara itu, kelompok Just Stop Oil mengeklaim 20 anggota mereka ditangkap polisi saat hari penobatan Raja Charles III.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Sky News


TERBARU