> >

Tragedi Acara Penghargaan di India, 11 Orang Tewas Kepanasan

Kompas dunia | 17 April 2023, 18:43 WIB
Sebelas orang tewas dalam acara penghargaan di Maharasthra, India, Minggu (16/4/2023), karena kepanasan. (Sumber: PTI Via BBC)

MAHARASHTRA, KOMPAS.TV - Setidaknya 11 orang tewas kepanasan dan banyak lainnya dilarikan ke rumah sakit setelah menghadiri sebuah acara penghargaan di India.

Acara tersebut digelar di lapangan terbuka di bawah terik matahari di Negara Bagian Maharashtra, India, pada Minggu (16/4/2023).

Acara yang disponsori pemerintah dan mengundang seorang aktivits terkemuka tersebut berlangsung selama beberapa jam dan didatangi ribuan orang.

Banyak orang mengeluh karena dehidrasi dan sakit akibat sengatan panas setelah menghadiri acara tersebut.

Baca Juga: Penembakan Massal di Pesta Ulang Tahun di Alabama Tewaskan Empat Orang, Joe Biden Langsung Bereaksi

Dilaporkan, Kota Navi Mumbai, tempat acara berlangsung, mencatat suhu maksimal 38 derajat Celsius pada hari itu.

Ahli kesehatan telah mengimbau masyarakat untuk tak keluar rumah saat matahari tengah terik-teriknya antara pukul 11 pagi dan 4 sore, khususnya pada bulan April, yang merupakan waktu terpanas di India.

Dikutip dari BBC, pejabat setempat mengatakan minuman telah disediakan di tempat tersebut sepanjang hari, dan stan telah didirikan untuk memberikan bantuan medis kepada orang-orang.

Namun, partai oposisi menuduh acara tersebut salah urus dan seharusnya tak diadakan pada tahun ini.

Acara tersebut diselenggarakan di lahan Khargar International Corporate Park untuk memberikan penghargaan kepada pekerja sosial, Dattatreya Narayan Dharmadhikari, yang dikenal sebagai Appasaheb Dharmadhikari.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : BBC


TERBARU