> >

AS Setujui Penjualan Senjata Termasuk Rudal F-16 ke Taiwan, Persiapan Hadapi Serangan China

Kompas dunia | 2 Maret 2023, 12:54 WIB
Personil militer Taiwan berlatih memasang rudal udara-udara AIM-120 Sidewinder ke jet tempur F-16V (Sumber: AP Photo/Johnson Lai)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menyetujui penjualan senjata ke Taiwan, termasuk rudal F-16.

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah menyetujui penjualan senjata ke Taiwan sekitar 619 juta dolar AS atau setara Rp9,4 triliun.

Penjualan tersebut merupakan salah satu langkah AS dalam membantu Taiwan mempersiapkan diri jika ada serangan dari China.

Pemerintah AS secara formal telah memberitahu Kongres, pada Rabu (1/3/2023), mengenai proposal penjualan amunisi F-16 dan peralatan terkait.

Baca Juga: Obesitas Mengancam Arab Saudi, Pemerintah Gaungkan Reformasi Anti-Kegemukan

Dilansir dari CNN, Pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan, potensi penjualan itu konsisten dengan Undang-Undang (UU) Relasi Taiwan dan Kebijakan Satu China.

“AS menyediakan UU dan layanan pertahanan Taiwan yang diperlukan untuk memungkinkannya mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang memadai,” ujar pejabat tersebut.

Pajabat yang tak disebutkan namanya itu mencatat bahwa Taiwan akan menggunakan dananya sendiri untuk pembelian tersebut.

“AS mendukung Taiwan dan langkah yang diambil Taiwan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan diri untuk berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selatan Taiwan dan di dalam Kawasan,” tambahnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan pada pernyataannya mengatakan, Angkatan Udara memiliki kemampuan bertempur penuh dengan dua tipe rudal yang AS setujui untuk jual saat ini.

Penulis : Haryo Jati Editor : Fadhilah

Sumber : CNN


TERBARU