> >

Protes Larangan Pendidikan Untuk Perempuan, Profesor Afghanistan Sobek Ijazahnya Saat Live di TV

Kompas dunia | 30 Desember 2022, 10:08 WIB
Seorang profesor asal Kabul, Afghanistan, menyobek ijazahnya sendiri saat live di televisi untuk memprotes kebijakan pemerintah Taliban yang melarang pendidikan untuk perempuan. Potongan video ini viral dan mendapat banyak dukungan di sosial media. (Sumber: TOLOnews)

KABUL, KOMPAS.TV – Seorang profesor dari Kabul, Afghanistan, merobek ijazahnya saat siaran televisi langsung. Dia mengatakan tidak membutuhkan ijazah lagi karena Afghanistan bukanlah tempat untuk pendidikan. 

Berbicara pada pembawa acara di televisi, professor bernama Ismail Mashal ini mengatakan, “Jika saudara perempuan saya dan ibu saya tidak dapat belajar, maka saya tidak dapat menerima pendidikan ini,” ujarnya seperti dikutip dari Yahoo News.

Mashal diketahui adalah pendiri Mashal University di Kabul dan merupakan dosen di Kabul University. 

Dalam siaran langsung televisi, Mashal tampak berlinang air mata saat mengambil ijazah dan ijazahnya dan menyobeknya satu per satu.

Dia berbicara dalam bahasa asli Pashtu dan suaranya bergetar saat dia berbicara dengan pembawa berita.

Videonya yang sedang merobek ijazahnya satu per satu di TV telah viral di media sosial dan dibagikan secara luas. Aksi merobek ijazah ini mendapat dukungan luas di media sosial.

Mantan penasihat kebijakan Menteri Pemukiman Kembali Afghanistan dan Menteri Pengungsi Shabnam Nasimi membagikan video itu di Twitter dan menulis, "Adegan yang menakjubkan ketika seorang profesor universitas Kabul menghancurkan ijazahnya di siaran langsung TV di Afghanistan."

Baca Juga: PBB Murka, Minta Taliban Akhiri Pembungkaman Peran Perempuan Afghanistan

Nasimi saat ini bekerja sebagai direktur eksekutif Teman Konservatif Afghanistan yang berfokus pada mempromosikan pemahaman dan dukungan untuk Afghanistan di Inggris Raya.

Seorang komentator media sosial mengatakan, “Penghormatan besar untuk profesor ini karena berdiri dalam solidaritas untuk pendidikan wanita. Brava.”

Penulis : Tussie Ayu Editor : Gading-Persada

Sumber : Yahoo News


TERBARU