> >

Masalah Besar yang Menghantam Meta Sehingga PHK 11.000 Staf, Bos Facebook Zuckerberg Mengaku Salah

Kompas dunia | 10 November 2022, 12:49 WIB
Induk Facebook Meta PHK 11.000 staf akibat keputusan rekrutmen yang terlalu agresif, mengantisipasi proyeksi pertumbuhan yang ternyata salah, Zuckerberg mengaku salah. (Sumber: Kompas.com)

MENLO PARK, KOMPAS.TV -Induk Facebook Meta PHK 11.000 staf akibat keputusan rekrutmen yang terlalu agresif, mengantisipasi proyeksi pertumbuhan yang ternyata salah, kata CEO Mark Zuckerberg hari Rabu, (9/10/202) seperti laporan Associated Press, Kamis, (10/12/2022).

Zuckerberg mengakui dia telah membuat keputusan untuk merekrut secara agresif, mengantisipasi pertumbuhan yang cepat bahkan setelah penguncian pandemi berakhir.

"Sayangnya, ini tidak berjalan seperti yang saya harapkan," kata Zuckerberg.

"Tidak hanya perdagangan online yang kembali ke tren sebelumnya, tetapi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan hilangnya sinyal iklan telah menyebabkan pendapatan kami jauh lebih rendah daripada yang saya harapkan. Saya salah, dan saya bertanggung jawab untuk itu."

Yang menjadi perhatian khusus investor, Meta menggelontorkan lebih dari 10 miliar dollar AS per tahun ke dalam "metaverse" dan mengalihkan fokusnya dari media sosial.

Zuckerberg awalnya memprediksi metaverse, alam semesta digital yang imersif, pada akhirnya akan menggantikan smartphone sebagai cara utama orang menggunakan teknologi.

Investor khawatir setelah saham Meta jatuh lebih dari 71 persen sejak awal tahun dan saham sekarang diperdagangkan pada level harga tahun 2015.

Baca Juga: Meta Induk Facebook PHK Massal 11 Ribu Karyawan, Dijanjikan 4 Bulan Gaji Sebagai Pesangon!

"Yang perlu mereka lakukan adalah mencoba memecahkan beberapa masalah bisnis mendasar mereka. Ini (PHK massal) hanya untuk sementara."

Zuckerberg mengatakan Meta memangkas biaya di seluruh bisnisnya, tetapi dia menambahkan bahwa ini saja tidak akan menimbulkan biaya besar sejalan dengan pertumbuhan pendapatannya.

Selain PHK, pembekuan perekrutan di perusahaan akan diperpanjang hingga kuartal pertama 2023, kata Zuckerberg.

Perusahaan juga telah memangkas real estatnya seperti gedung kantor dan Zuckerberg mengatakan dengan begitu banyak staf yang bekerja di luar kantor, perusahaan akan beralih ke pembagian meja bagi mereka yang tersisa.

Lebih banyak pemotongan biaya di Meta akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, kata Zuckerberg.

Bahkan dengan pengurangan hari Rabu, Meta masih memiliki lebih dari 75.000 pekerja di seluruh dunia.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU