> >

Halloween Berdarah di Itaewon Guncang Korea Selatan, Pemimpin Dunia Kirim Ucapan Belasungkawa

Kompas dunia | 30 Oktober 2022, 06:18 WIB
Festival Halloween di Itaewon, Korea Selatan berujung maut. Koreaboo melaporkan 149 meninggal dunia dan ratusan luka-luka. (Sumber: ABC News)

SEOUL, KOMPAS.TV - Halloween berdarah di Itaewon telah mengguncang Korea Selatan setelah 149 orang tewas terinjak-injak.

Insiden tersebut terjadi pada Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat, ketika orang yang ingin keluar Itaewon, bertemu dengan orang yang masuk.

Diperkirakan kerumunan di daerah hiburan malam di Seoul tersebut mencapai 100.000 orang.

Dilaporkan dua orang korban tewas merupakan warga asing.

Baca Juga: Korban Tewas Halloween Berdarah di Itaewon Bertambah Jadi 149 Orang, 2 Warga Asing di Antaranya

Hal itu membuat banyak pemimpin dunia turut berduka cita atas salah satu insiden paling berdarah di Korea Selatan tersebut.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang merupakan sekutu Korea Selatan mengungkapkan belasungkawa atas peristiwa itu.

“Jill dan saya mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga yang kehilangan orang yang mereka cintai di Seoul,” ujarnya dikutip dari Yonhap.

“Kami berduka bersama warga Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kepada semua yang cedera bisa cepat sembuh,” tambahnya.

Biden pun menegaskan AS bersama Korea Selatan pada waktu tragis ini, apalagi aliansi kedua negara saat ini menjadi lebih erat dan vital.

Penulis : Haryo Jati Editor : Gading-Persada

Sumber : Yonhap/Deutsche Welle


TERBARU