> >

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pemakaman Kenegaraan Eks PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo

Kompas dunia | 27 September 2022, 14:26 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menyampaikan pernyataan sebelum menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022). (Sumber: ANTARA/Desca Lidya Natalia)

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, pada hari ini, Selasa (27/09/2022).

Ma'ruf menjelaskan, dia ditugaskan hadir karena Jepang merupakan mitra penting bagi Indonesia.

"Saya diutus untuk menghadiri ini karena pertama, Jepang memang merupakan mitra penting bagi Indonesia, terutama di bidang ekonomi," kata Ma'ruf sebelum berangkat menuju lokasi pemakaman kenegaraan di Tokyo, Selasa, dikutip dari Antara.

Wapres menilai, Shinzo Abe merupakan orang yang sangat berperan penting dalam meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang sehingga kedua negara menjadi mitra strategis.

"Dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Jepang," ujarnya.

"Karena itu kita ingin meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi dalam berbagai bentuk kerja sama yang lebih konkret."

Adapun sejumlah hal yang ingin dilakukan untuk mempererat hubungan kedua negara, misalnya, dengan mengingatkan kembali kesepakatan yang sudah dibuat saat Presiden Joko Widodo hadir di Tokyo pada Juli 2022.

"Misalnya, penandatanganan perubahan protokol IJEPA (Indonesia Jepang Economic Partnership Agreement), KTT G20 bulan November nanti, ada beberapa di mana Jepang akan mengambil bagian dan Jepang juga mendukung, seperti yang kemarin disampaikan PM (Jepang Fumio) Kishida," ungkapnya.

Baca Juga: Terbang ke Jepang, Ma'ruf Amin Bakal Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Dilansir dari laman resmi Wapres.go.id, Ma'ruf yang didampingi Wury Ma’ruf Amin tiba di tempat acara prosesi pemakaman Shinzo Abe sekitar pukul 13.45 waktu setempat.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU