> >

Menlu Jerman Desak Kanselir Olaf Scholz Ambil Keputusan Cepat soal Pengiriman Tank Modern ke Ukraina

Krisis rusia ukraina | 16 September 2022, 02:00 WIB
Menteri Luar Negeri Jerman mendesak Kanselir Olaf Scholz untuk segera memutuskan apakah akan memasok Ukraina dengan tank-tank canggih buatan Jerman, Leopard 2. (Sumber: Wall Street Journal)

BERLIN, KOMPAS.TV — Menteri Luar Negeri Jerman mendesak Kanselir Olaf Scholz untuk segera memutuskan apakah akan memasok Ukraina dengan tank-tank canggih buatan Jerman saat Ukraina berusaha merebut kembali lebih banyak wilayah yang direbutnya dari Rusia.

Seperti laporan Associated Press, Kiev mengatakan ingin mendapatkan tank Leopard-2 Jerman. Tetapi, Berlin sejauh ini menolak permintaan itu sambil mengirimkan persenjataan lain, seperti howitzer dan senjata anti-pesawat self-propelled.

Dalam sebuah wawancara dengan harian Frankfurter Allgemeine Zeitung yang diterbitkan Kamis (15/9/2022), Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock mengatakan, keputusan untuk mengirimkan tank tempur modern ke Ukraina hanya dapat diambil bersama oleh koalisi tiga partai yang memerintah Jerman dan mitra internasionalnya.

"Tetapi dalam fase menentukan yang dihadapi Ukraina saat ini, saya juga tidak percaya itu adalah keputusan yang dapat ditunda lama," katanya.

 

Menteri Ekonomi Robert Habeck, sesama anggota Partai Hijau, juga mengatakan bahwa ia mengharapkan Jerman mengirimkan lebih banyak "senjata yang tepat" ke Ukraina dengan segera.

Partai Alternatif untuk Jerman sayap kanan, yang tidak berada di pemerintahan dan memiliki hubungan dekat dengan Moskow, sementara itu memperingatkan agar tidak menyediakan tank ke Ukraina.

"Perang Ukraina bukanlah perang kita," kata salah satu pemimpinnya, Tino Chrupalla.

Dia meminta Jerman untuk membuka pipa Nord Stream 2 sehingga negara tersebut dapat mengimpor gas dari Rusia.

Baca Juga: Kanselir Jerman Tuding Rusia Lakukan Pemerasan karena Tutup Aliran Gas ke Jerman, Putin Bantah Keras

Tank Leopard 2PL Polandia yang dibeli dari Jerman. Menteri Luar Negeri Jerman mendesak Kanselir Olaf Scholz untuk segera memutuskan apakah akan memasok Ukraina dengan tank-tank canggih Leopard 2 buatan Jerman. (Sumber: Wikipedia/Poland Defence Ministry)

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU