> >

Kunjungan Ratu Inggris ke Indonesia: Momen Bersahabat Elizabeth-Philip dan Soeharto-Tien di Jakarta

Kompas dunia | 11 September 2022, 20:32 WIB
Presiden RI saat itu, Soeharto, menyambut Ratu Elizabeth II di Istana Kepresidenan, Jakarta, 18 Maret 1974. (Sumber: Pat Hendranto/Kompas.id)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 70 tahun lebih hingga meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9/2022) lalu. Berbagai pemimpin dunia, termasuk Presiden Jokowi, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Elizabeth.

Elizabeth II sendiri memiliki kenangan khusus atas Indonesia. Pada 1974 silam, ketika sudah 22 tahun memimpin monarki Inggris Raya, sang ratu mengunjungi Indonesia.

Ratu Elizabeth II beserta suaminya, Pangeran Philip, mengunjungi Bali, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Ia melakukan pertemuan resmi dengan presiden saat itu, Soeharto.

Kunjungan tujuh hari Ratu Elizabeth II saat itu dimulai pada 15 Maret 1974. Elizabeth II mengunjungi Pulau Bali dulu sebelum bertolak ke Jakarta.

Baca Juga: Seberapa Mahal Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth? Perkiraannya Segini

Di Istana Kepresidenan Jakarta, Elizabeth II disambut langsung oleh Soeharto beserta Tien Soeharto pada 18 Maret 1974.

Dalam kesempatan tersebut, suksesor Raja George VI ini menyanjung persatuan Indonesia. Ia memuji negara Indonesia yang bisa membina persatuan kendati terdiri dari bermacam suku dan adat.

Persatuan dan kesatuan Indonesia dinilai Elizabeth II berarti penting bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, lewat sikap demikian, bangsa Indonesia akan bisa memecahkan masalah-masalah pembangunan dan menggali kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

“Apalagi dengan cara dan nilai-nilai hidup bangsa Indonesia, yang begitu indah dapat ditemukan selalu di pedesaan-pedesaan,” kata Ratu Elizabeth II pada jamuan malam yang diselenggarakan Presiden Soeharto dan Tien, 18 Maret 1974, sebagaiman dimuat Harian Kompas.

Baca Juga: Jenazah Ratu Elizabeth II Berangkat dari Balmoral, Tempuh Perjalanan Darat 6 Jam ke Edinburgh

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Harian Kompas/Kompas.id


TERBARU