> >

Turunnya Kesehatan Ratu Elizabeth II Terendus Sejak Peringatan 70 Tahun Bertakhta, Apa yang terjadi?

Kompas dunia | 9 September 2022, 13:53 WIB
Dokumentasi Ratu Elizabeth II kembali ke Istana Buckingham setelah menghadiri Pembukaan Parlemen Negara Bagian, di Gedung Parlemen, di Westminster, London (Sumber: Kompas TV/Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebelum dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris, penurunan kesehatan Ratu Elizabeth II telah menjadi perbincangan masyarakat Inggris sejak beberapa waktu terakhir, terutama pada Juni 2022.

Jurnalis Harian Kompas di Inggris, Denty Piawai Nastitie melaporkan bahwa warga Britania Raya sudah mulai memperhatikan kesehatan Ratu Inggris sejak peringatan 70 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta atau Platinum Jubilee.

Ratu Inggris berusia 96 tahun itu tak tampak di beberapa acara penting dalam rangkaian Platinum Jubilee yang digelar sepanjang empat hari, yakni 2-5 Juni 2022.

Ratu Elizabeth II absen pada hari kedua perayaan itu, yakni pada Jumat 3 Juni 2022 karena alasan kesehatan.

Ia dikabarkan sudah mengalami kesulitan bergerak sejak beberapa waktu sebelumnya, sehingga tak dapat menghadari kebaktian gereja dalam rangkaian perayaan Platinum Jubilee di Katedral St. Paul.

Baca Juga: Pengamat Sebut Meninggalnya Ratu Elizabeth II Tak Berdampak pada Hubungan Indonesia-Inggris

Beberapa pertemuan penting kerajaan pun sempat digantikan oleh anggota kerajaan yang lain.

Akan tetapi Ratu Inggris itu kembali muncul di hadapan publik ketika melakukan inagurasi atau pelantikan Perdana Menteri Inggris yang baru, Mary Elizabeth Truss pada Selasa (6/9/2022).

Selain melantik Truss, Ratu Elizabeth II juga menerima pengunduran diri Boris Johnson dalam waktu yang sama.

Denty menggambarkan bahwa pada saat melantik Liz Truss, Ratu Elizabeth II tampak tersenyum gembira. Namun rupanya, dua hari pascapelantikan itu, rakyat Inggris berduka atas kabar Ratu Elizabeth II meninggal dunia dari kerajaan. 

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU