> >

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan bakal Dianggap Invasi ke China, jika Hal Ini Terjadi

Kompas dunia | 30 Juli 2022, 15:17 WIB
China mengancam akan mengambil langkah keras dan tegas jika Ketua Kongres Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi jadi mengunjungi Taiwan. (Sumber: AP Photo/Mariam Zuhaib, File)

BEIJING, KOMPAS.TV - Kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan bakal dianggap sebagai invasi ke China.

Namun, hal itu akan terjadi jika kedatangan Pelosi ditemani oleh jet tempur AS.

Hal itu diungkapkan oleh Hu Xijing, pakar yang juga penulis untuk media Pemerintah China, Global Times.

Hu Xijing mencuitkan hal itu di Twitter, Jumat (29/7/2022), menanggapi artikel CNN yang mengungkapkan rencana kunjungan Pelosi ke Asia.

Baca Juga: Hujan Deras Aneh di Uni Emirat Arab Picu Banjir Bandang, Tujuh Orang Tewas

“Jika jet tempur AS menemani pesawat Pelosi ke Taiwan, itu akan menjadi invasi,” tulisnya di media sosial tersebut dikutip dari Newsweek.

“Militer China memiliki hak untuk mengusir pesawat Pelosi dan juga jet tempur AS, termasuk melakukan tembakan peringatan dan membuat pergerakan taktikal untuk menghancurkan. Jika tak efektif, menembak jatuh mereka,” tambahnya.

Meski rencana perjalanan Pelosi masih belum pasti, para pejabat China berulang kali memperingatkannya agar tak singgah di Taiwan.

China memberikan ancaman akan melakukan pembalasan militer jika Pelosi mengunjungi pemerintahan kepulauan itu.

Pada awal pekan ini, Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei memberikan peringatan keras terkait rencana Pelosi.

Penulis : Haryo Jati Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Newsweek


TERBARU