> >

Khawatir Putin Gunakan Senjata Nuklir ke Ukraina, Biden akan Kirim Pesawat yang Bisa Deteksi Radiasi

Krisis rusia ukraina | 2 Juli 2022, 17:22 WIB
Presiden AS Joe Biden dikabarkan bakal mengirim pesawat pendeteksi radiasi ke Ukraina karena takut Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikabarkan bakal mengirim pesawat yang bisa mendeteksi radiasi ke garis depan pertempuran di Ukraina.

Hal itu dilakukan lantaran Presiden Rusia Vladimir Putin dikhawatirkan akan menggunakan senjata nuklir ke Ukraina.

Pentagon dilaporkan meyakini bahwa Putin bakal meluncurkan serangan terbatas menggunakan senjata nuklir taktis agar perang segera usai.

Usaha itu juga diyakini untuk mengirimkan pesan ke Barat agar tak bermain-main dengan Rusia.

Baca Juga: Santet Putin dengan Boneka Jerami Kutukan, Pria Jepang Ini Akhirnya Dibebaskan usai Ditangkap

Dilansir dari Daily Star, AS dilaporkan telah menghabiskan jutaan dolar untuk mengubah tiga pesawat pengisian bahan bakar udara berusia 50 tahun menjadi pesawat pengintaian nuklir rahasia.

Pesawat-pesawat itu dikemas dengan sensor yang mengambil sampel kualitas udara untuk memastikan setiap pelepasan radiasi terdeteksi.

Seorang sumber senior di Pentagon mengatakan, jet rahasia, yang beroperasi di bawah kode WC-135W Constant Phoenix itu, adalah aset yang sangat penting.

“Kita hidup di zaman ketidakstabilan besar. Jika serangan Rusia baru-baru ini di Chernobyl telah menyebabkan pelepasan kontaminasi, pesawat ini akan melihatnya,” ujar sumber itu.

“Jika Putin mencoba dan menguji senjata kimia di Siberia dan gasnya lolos ke atmosfer, pesawat-pesawat ini akan mengambilnya dalam pengambilan sampel mereka,” tambahnya.

Penulis : Haryo Jati Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Daily Star


TERBARU