> >

Waduh, Ilmuwan Ungkap Perang Nuklir Bisa Tercetus di Ukraina

Krisis rusia ukraina | 19 Mei 2022, 16:32 WIB
Ilustrasi rudal. (Sumber: Pengawal Revolusi Iran/Sepahnews via AP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Sebuah laporan pakar mengungkapkan, perang nuklir antara Rusia dengan Amerika Serikat (AS) dan NATO, bisa tercetus di Ukraina.

Laporan dari Buletin Ilmuwan Atom mengungkapkan, AS dan NATO tak akan ragu untuk menggunakan bom nuklir di markas Rusia di Ukraina.

Hal itu diyakini bakal terjadi jika Presiden Rusia Vladimir Putin mengawali serangan tersebut.

Laporan tersebut mengeklaim, jika Putin menggunakan nuklir untuk mengubah lintasan invasinya yang goyah ke Ukraina, sekutu memiliki empat opsi untuk menyerang balik.

Baca Juga: Kisah Hidup Zelenskyy Dijadikan Komik, Hasil Penjualan Disumbangkan ke Palang Merah Internasional

Empat opsi itu salah satunya adalah menggunakan senjata nuklir atau senjata yang ada untuk melawan pasukan Rusia di dalam atau di luar Ukraina.

Selain itu, opsi lainnya yakni melakukan serangan militer konvensional terhadap pasukan Rusia, terus memasok Ukraina dengan senjata, atau menekan Ukraina untuk mengakhiri konflik.

Dari keempat opsi tersebut, tak diragukan lagi, keputusan NATO menggunakan senjata nulir akan menjadi yang paling mengerikan.

Laporan tersebut mengungkapkan, jika Putin menggunakan senjata nuklir di Ukraina, maka itu akan berupa sebuah bom taktis yang menargetkan unit-unit militer untuk mengubah situasi operasional di lapangan.

Jika hal itu terjadi, laporan tersebut menegaskan, NATO akan merespons dengan cara yang sama.

Penulis : Haryo Jati Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Daily Star


TERBARU