> >

Pertempuran Mariupol Berakhir, Ratusan Kombatan Ukraina di Azovstal Dievakuasi

Krisis rusia ukraina | 17 Mei 2022, 13:01 WIB
Pasukan Rusia mengawasi evakuasi para kombatan Ukraina yang bertahan di Azovstal, Mariupol yang dibawa menggunakan bus Rusia ke teritori separatis pro-Rusia, Senin (16/5/2022). (Sumber: Associated Press)

MARIUPOL, KOMPAS.TV - Ratusan kombatan yang menjaga benteng terakhir Ukraina di kompleks pabrik baja Azovstal, Mariupol dilaporkan telah dievakuasi pada Senin (16/5/2022). Dengan evakuasi ini, pertempuran untuk Mariupol berakhir, kota pelabuhan itu jatuh ke dalam kendali penuh Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan bahwa negosiasi berhasil menyelamatkan lebih dari 260 kombatan tersebut. Namun, para kombatan mesti dibawa Rusia ke teritori yang dikuasai separatis Republik Rakyat Donetsk.

Para kombatan Ukraina yang dievakuasi dari Azovstal dibawa menggunakan bus. Sebagian mereka dalam kondisi luka parah.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Anna Malyar menyampaikan bahwa 53 kombatan yang luka serius dibawa ke Novoazovsk untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu, sejumlah 211 kombatan lain dievakuasi ke Olenivka.

Baca Juga: Ratusan Kombatan Ukraina Masih Terjebak di Azovstal Mariupol, Keluarga Menunggu dengan Cemas

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas status para kombatan itu apakah dijadikan tawanan perang oleh Rusia. Kiev sendiri mengaku akan berupaya memulangkan para kombatan itu.

“Ukraina butuh para pahlawan Ukraina untuk tetap hidup. Itulah prinsip kami,” kata Zelenskyy dikutip Associated Press.

“Militer dan intelejen kami telah memulai operasi untuk menyelamatakan para penjaga Mariupol. Kerja untuk memulangkan mereka akan berlanjut, ini butuh waktu,” lanjutnya.

Komandan Resimen Azov: Misi telah selesai

Kota Mariupol digempur habis-habisan oleh Rusia sejak awal invasi pada Februari lalu. Meskipun demikian, pasukan pertahan Ukraina bertahan dengan sengit hingga terjebak di Azovstal.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Purwanto

Sumber : Associated Press


TERBARU