> >

Ratusan Kombatan Ukraina Masih Terjebak di Azovstal Mariupol, Keluarga Menunggu dengan Cemas

Krisis rusia ukraina | 16 Mei 2022, 20:12 WIB
Yulia Tarasenko menunjukkan foto suaminya yang menggendong sang anak. Suami Yulia termasuk salah satu kombatan Ukraina yang dikepung pasukan Rusia di Azovstal, Mariupol. (Sumber: Sky via AP)

KIEV, KOMPAS.TV - Nasib ratusan personel pasukan Ukraina yang masih terjebak di kompleks pabrik baja Azovstal, Mariupol dicemaskan oleh keluarga yang menunggu di rumah. Pihak keluarga takut waktunya sudah telat untuk mengeluarkan mereka hidup-hidup.

Saat ini, terdapat ratusan kombatan yang bertahan di Azovstal. Mereka menolak menyerah kepada Rusia dan berharap bantuan evakuasi.

Natalia Zarytska, istri salah satu kombatan, menyebut pasukan Rusia semakin mendesak pasukan Ukraina yang bertahan. Ia takut Rusia tak akan mengampuni mereka.

“Dia (suami Natalia) berkata kepada saya bahwa lingkaran (pertahanan) di sekitar Azovstal semakin tipis dan akan berakhir sebentar lagi,” kata Natalia kepada Sky News sebagaimana dikutip Associated Press, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga: Pasukan Ukraina di Mariupol Tak Dapat Meloloskan Diri Dari Kepungan Rusia

Walaupun peluangnya tipis, Natalia berharap suami serta rekan-rekannya bisa diselamatkan.

“Di kepala, saya berpikir kesempatan sudah tak ada, tetapi dalam hati, saya merasa kami bisa menyelamatkan mereka,” lanjutnya.

Pasukan Rusia dilaporkan telah mencapai halaman pabrik baja Azovstal per awal Mei lalu. Pasukan Rusia telah terlibat pertempuran jarak dekat dengan para penjaga Azovstal.

Di lain sisi, Rusia dilaporkan membombardir kompleks seluas 11 kilometer persegi itu tanpa henti.

Moskow sendiri telah berulang kali mengultimatum pasukan di Azovstal untuk menyerah. Namun, pasukan pertahanan Ukraina yakin hanya akan berakhir buruk jika jatuh ke tangan Rusia.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Associated Press


TERBARU