> >

Krisis Rusia-Ukraina: Jokowi Ajak Putin dan Zelensky Hadiri KTT G20, Siapa yang akan Datang?

Kompas dunia | 29 April 2022, 09:28 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan percakapan telepon hari Kamis, (28/4/2022), membahas situasi di Ukraina dan membahas kerja G20, seperti dinyatakan kantor kepresidenan Rusia (Sumber: Kremlin)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang kedua kepala negara yang sedang bertikai, Rusia dan Ukraina, untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November mendatang.

Presiden Jokowi telah melakukan komunikasi melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Selain itu, Jokowi juga telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (27/4/2022).

“Baru saja berbicara dengan Presiden Indonesia Jokowi. Saya berterima kasih atas dukungan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina, khususnya untuk posisi jelas di PBB,” kata Zelensky melalui akun Twitter resminya.

“Keamanan pangan juga didiskusikan. Saya mengapresiasi undangan (Jokowi) kepada saya untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi G20,” lanjut Zelensky.

Zelensky juga menyebut ia diundang oleh Jokowi ke Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada November mendatang.

Baca Juga: Jokowi Bertelepon dengan Putin, Ini yang Dibahas Keduanya

Sedangkan dalam pembicaraan dengan Putin, Presiden Rusia memaparkan dan menguraikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina dalam konteks operasi militer khusus yang sedang berlangsung.

"Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina dalam konteks operasi militer khusus yang sedang berlangsung," ujar pernyataan yang dirilis kantor kepresidenan Rusia yang dilansir RIA Novosti, Kamis (28/4/2022).

Menurut pernyataan Kremlin, kedua pemimpin menyepakati kontak lebih lanjut dan disebutkan percakapan itu terjadi atas inisiatif pihak Indonesia.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Gading-Persada

Sumber : RIA Novosti


TERBARU