> >

Sekjen PBB akan Temui Putin di Moskow, tapi Gencatan Senjata Riskan Dilanggar

Krisis rusia ukraina | 23 April 2022, 05:25 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres berencana menemui Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (26/4/2022) untuk mendesaknya menghentikan perang di Ukraina. (Sumber: AP Photo/KM Chaudry)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres berencana menemui Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (26/4/2022) mendatang untuk mendesaknya menghentikan perang di Ukraina.

Melansir Associated Press pada Sabtu (23/4), sang Sekjen PBB akan bertolak ke Moskow untuk berbicara langsung dengan Putin dan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Baca Juga: Kirim Surat ke Putin dan Zelensky, Sekjen PBB Antonio Guterres Desak Rusia-Ukraina Berdamai

Hal itu diungkapkan juru bicara PBB Eri Kaneko, Jumat (22/4). Kata Kaneko, diskusi tentang kunjungan serupa ke Ukraina tengah dilakukan.

“Dia (Guterres) ingin berdiskusi dengan pemimpin (Rusia) tentang langkah-langkah penting yang bisa diambil saat ini untuk membungkam senjata, demi membantu orang-orang dan agar mereka dibiarkan keluar dengan aman,” papar Kaneko.

Baca Juga: Putin Kembali Tawari Tentara Ukraina yang Tersisa di Mariupol untuk Menyerah

Guterres meminta bertemu, baik dengan Putin maupun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di ibu kota masing-masing. 

Ukraina sendiri menyambut baik gagasan itu. 

Guterres sendiri telah meminta untuk mengadakan gencatan senjata selama empat hari sejak Kamis (21/4) hingga menjelang hari Minggu, saat umat Kristen Ortodoks merayakan Paskah.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Disebut Telah Undang Putin untuk Datang ke G20 di Indonesia

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Associated Press/Tass


TERBARU