> >

Hari ini Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Ukraina Dmotry Kuleba akan Berunding di Turki

Krisis rusia ukraina | 10 Maret 2022, 15:14 WIB
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Ukraina Dmotry Kuleba akan berunding hari Kamis, (10/3/2022) pada Forum Diplomasi yang digelar Turki di Antalya. Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pertemuan antara menteri luar negeri Rusia dan Ukraina di Turki hari ini, Kamis (10/3/2022) bertujuan membuka jalan bagi pertemuan antara pemimpin kedua negara (Sumber: Anadolu Turkey)

ANTALYA, KOMPAS.TV — Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Ukraina Dmotry Kuleba akan berunding hari ini pada Forum Diplomasi yang digelar Turki di Antalya.

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pertemuan antara menteri luar negeri Rusia dan Ukraina di Turki hari ini, Kamis (10/3/2022) bertujuan membuka jalan bagi pertemuan antara pemimpin kedua negara, seperti dilaporkan Associated Press.

Menlu Sergey Lavrov dari Rusia dan Menlu Dmotry Kuleba dari Ukraina dijadwalkan mengadakan pembicaraan di sela-sela forum diplomasi di dekat kota Mediterania Turki, Antalya.

Ini akan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama antara Moskow dan Kyiv sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina. Cavusoglu mengatakan dia juga akan berpartisipasi dalam pertemuan itu.

“Tujuan utama kami adalah untuk menyatukan tiga pemimpin,” kata surat kabar Turki Hurriyet mengutip pernyataan Cavusoglu, mengacu pada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Mevlut Cavusoglu akan menyambut Dmytro Kuleba dan Sergey Lavrov di provinsi selatan Antalya, di mana juga Forum Diplomasi Antalya internasional berlangsung.

Cavusoglu sebelumnya menyatakan harapan bahwa pertemuan itu "akan menjadi titik balik" dan "langkah penting" menuju perdamaian dan stabilitas dan bahwa Ankara akan "terus melakukan upaya untuk perdamaian abadi."

Baca Juga: Menlu Rusia dan Ukraina akan Bertemu di Turki Kamis Ini, Berdamai?

Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Ukraina Dmotry Kuleba akan Berunding Hari Kamis, (10/3/2022) di Turki, pada Forum Diplomasi yang digelar Turki di Antalya. (Sumber: NPR)

Posisi Rusia dan Ukraina

Moskow menuntut berbagai syarat untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV / Associated Press / Anadolu


TERBARU