> >

Jet Tempur Canggih Taiwan yang Jatuh ke Laut Akhirnya Ditemukan, tapi Pilot Masih Hilang

Kompas dunia | 13 Januari 2022, 11:50 WIB
Jet tempur F-16V Taiwan. Jet tempur canggih tersebut yang sempat hilang jatuh ke laut akhirnya ditemukan. (Sumber: AP Photo/Johnson Lai)

TAIPEI, KOMPAS.TV - Jet tempur canggih Taiwan yang jatuh ke laut akhirnya ditemukan oleh pihak penyelamat, Rabu (12/1/2022).

Namun, pilot masih hilang setelah tak ditemukan tanda-tanda keberadaan dirinya.

Jet tempur canggih Taiwan F-16V dilaporkan menghilang dari radar, setelah lepas landas untuk latihan rutin dari pangkalan di barat daya Taiwan, Selasa (11/1/2022).

Dikutip dari Channel News Asia, Angkatan Udara (AU) Taiwan mengungkapkan jet tempur tersebut jatuh ke laut tanpa ada tanda-tanda pilot telah keluar dari pesawat tepat waktu.

Baca Juga: Pertama Kali di Dunia, Jantung Babi Dicangkokkan ke Manusia

Pusat penyelamatan nasional mengungkapkan puing-puing pesawat telah ditemukan, tetapi tak ada tanda-tanda dari pilot, yang dileporkan berusia 28 tahun.

Pencarian sendiri dilakukan sepanjang malam yang melibatkan beberapa helikopter, kapal penjaga pantai, dan lebih dari 60 petugas penyelamat.

Insiden itu jelas menjadi pukulan bagi skuadron baru jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS), yang ditugaskan pada November lalu.

Jet tempur canggih itu adalah salah satu usaha Taiwan meningkatkan armadanya yang menua di tengah ketegangan dengan China.

AU Taiwan untuk sementara mengandangkan seluruh armada F-16.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Channel News Asia


TERBARU