> >

Rayakan Tahun Baru, Warga Korea Utara Tabur Bunga di Patung Kim Il-sung

Kompas dunia | 1 Januari 2022, 16:53 WIB
Warga Pyongyang berbondong menabur bunga di patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il, Sabtu (1/1/2022). (Sumber: Tangkapan layar video Associated Press)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Warga Pyongyang, Korea Utara menyambut tahun baru 2022 dengan optimisme. Pada Sabtu (1/1/2022), warga terlihat mengunjungi Monumen Besar Bukit Mansu, Pyongyang.

Pyongyang sendiri mempercantik kota dengan bermacam dekorasi menyambut tahun baru.

Bendera dan plakat dipasang di sudut-sudut kota, bertuliskan “rayakan tahun baru 2022” dan “Juche 111”. Juche merujuk penanggalan ideologis Korea Utara yang dimulai sejak kelahiran Kim Il-sung.

Pada tahun baru, warga menunjukkan loyalitas dan hormat terhadap pemimpin Korea Utara terdahulu, Kim Il-Sung dan Kim Jong-il. 

Warga menabur bunga dan membungkuk di bawah patung dua tokoh tersebut di Monumen Besar Bukit Mansu.

Baca Juga: Kim Jong-Un Ungkap Target Utama Korea Utara di 2022, Ternyata Bukan Senjata Nuklir

Kunjungan penghormatan ke Monumen Besar Bukit Mansu tidak khusus menyambut tahun baru saja, melainkan umum digelar saat hari raya.

“Saya memulai tahun baru setelah merampungkan tugas saya pada tahun pertama dari rencana lima tahunan yang dicanangkan Kongres Partai tahun lalu,” kata Hong Un-pyol, salah seorang warga.

Hong merujuk kongres lima tahunan Partai Pekerja Korea yang terakhir digelar pada 2021 lalu.

“Tahun ini juga, saya akan bekerja keras, dengan segala pengetahuan dan bakat saya demi pembangunan dan kesejahteraan negara kami,” imbuhnya.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Associated Press


TERBARU