> >

Saingi India yang Beli Rafale Prancis, Pakistan Borong 25 Jet Tempur J-10C China

Kompas dunia | 30 Desember 2021, 18:47 WIB
Jet tempur J-10C buatan China. Pakistan mengonfirmasi pembelian satu skuadron yang terdiri dari 25 pesawat tempur multi peran segala cuaca J-10C buatan China, setelah India membeli jet tempur Rafale buatan Prancis. (Sumber: Xinhua/Xi Bobo)

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Pakistan mengonfirmasi pembelian satu skuadron lengkap yang terdiri dari 25 jet tempur multi fungsi J-10C buatan China. Pembelian ini disebut merupakan tanggapan setelah India membeli jet tempur Rafale buatan Prancis. 

Satu skuadron lengkap 25 pesawat segala cuaca J-10C itu akan dipamerkan dalam upacara Hari Pakistan pada 23 Maret tahun depan. Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed pada Rabu (29/12/2021) di Rawalpindi, seperti dikutip dari NDTV, Kamis (30/12).

Tampaknya, China menjadi penyelamat bagi sekutu terdekatnya itu dengan menyediakan J-10C, salah satu unit jet tempur yang sangat diandalkan China.

Baca Juga: TNI AU Pilih Jet Tempur Rafale dan F-15EX, Segera Siapkan 3 Skuadron Khusus

Namun, sang Mendagri Pakistan itu sempat salah ucap menyebut nama pesawat tempur itu. Alih-alih menyebut J-10C, Rashid Ahmed malah menyebutnya sebagai JS-10.

“Tetamu VIP akan datang (menghadiri upacara pada 23 Maret) untuk pertama kali di Pakistan, dan upacara akan menampilkan aksi terbang JS-10. Angkatan Udara Pakistan akan menampilkan aksi terbang-lintas JS-10 (buatan) China sebagai tanggapan atas Rafale,” ujarnya.

Jet tempur J-10C itu merupakan bagian dari latihan gabungan Pakistan-China tahun lalu, di mana para ahli dari Pakistan berkesempatan menilik jet tempur itu dari jarak dekat.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Resmi Borong 80 Jet Tempur Rafale F4 Prancis Versi Tercanggih

Latihan gabungan itu dimulai pada 7 Desember di Pakistan dan berlangsung selama 20 hari. China mengirimkan pesawat tempurnya, termasuk J-10C, jet tempur J-11B, pesawat peringatan dini KJ-500 dan pesawat tempur elektronik Y-8. Sementara, Pakistan berpartisipasi dengan mengerahkan jet tempur JF-17 dan Mirage III.

Pakistan telah memiliki armada F-16 buatan Amerika Serikat. Namun, negara itu tengah mencari jet multi peran segala cuaca baru demi meningkatkan pertahanannya setelah India membeli jet Rafale dari Prancis.

Penulis : Vyara Lestari Editor : Iman-Firdaus

Sumber : NDTV


TERBARU