> >

Kontroversial, Dokter di India Sarankan Makan Kotoran Sapi karena Dapat Membersihkan Tubuh dan Jiwa

Kompas dunia | 20 November 2021, 11:40 WIB
Dokter Manoj Mittal menyarankan untuk memakan kotoran sapi untuk membersihkan tubuh dan jiwa. (Sumber: Oddity Central)

HARYANA, KOMPAS.TV - Seorang dokter di India, Manoj Mittal, memantik kontroversi setelah mengungkapkan manfaat memakan kotoran sapi bagi manusia.

Dokter Mittal, yang merupakan dokter spesialis anak, mengungkapkan hal itu dalam rekamannya di media sosial, dan menunjukkan bagaimana ia juga memakannya.

Pengobatan tradisional India memang sejak lama mempromosikan kotoran sapi sebagai penyembuh segala penyakit, termasuk kanker dan Covid-19.

Namun, kebanyakan dokter terlatih yang mendasarkan pengobatan melalui ilmu pengetahuan dan percobaan klinis, masih meragukannya.

Baca Juga: Rusia Murka dan Kecam AS yang Tak Akui Presiden Putin setelah 2024

Meski begitu, tetap ada pengecualian, salah satunya adalah Dokter Mittal yang merupakan pekerja medis di Distrik Karnal, Haryana, India.

Pada videonya yang viral di media sosial, Dokter Mittal memuji manfaat yang didapat dari memakan kotoran sapi yang disebutnya bisa membersihkan tubuh, pikiran dan jiwa.

“Semua bagian Pachagavya yang diambil dari sapi sangat berguna bagi manusia,” ujar Mittal dikutip dari Oddity Central.

“Lihat, kita memakan kotoran sapi, maka tubuh dan pikiran menjadi suci. Jiwa kita juga suci. Saat itu memasuki tubuh kita, makan akan menyucikannya,” tambahnya.

Dokter tersebut menambahkan bahwa ibunya biasa berbuka puasa dengan memakan kotoran sapi.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Oddity Central


TERBARU