> >

Merck Meminta AS Sahkan Obat Anti-Covid-19

Kompas dunia | 12 Oktober 2021, 06:30 WIB
Obat antivirus Covid-19 buatan Merck. Perusahaan obat Merck meminta pemerintah Amerika Serikat mengesahkan obat Covid-19 buatan mereka. (Sumber: Merck & Co. via AP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Produsen obat Merck meminta regulator Amerika Serikat untuk mengesahkan pilnya yang diklaim dapat mengobati Covid-19, Senin (11/10/2021). 

Jika disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), obat produksi Merck ini akan menjadi pil pertama yang terbukti mengobati Covid-19.

Selain obat produksi Merck, perawatan lain untuk mengobati Covid-19 harus menggunakan infus atau suntikan.

Pil antivirus ini dapat diminum penderita di rumah untuk mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan.

Obat ini merupakan terobosan baru dalam pengobatan Covid-19, yang dinilai dapat mengurangi kasus rawat inap. 

Baca Juga: Obat Antivirus Molnupiravir Diklaim Atasi Covid-19

Pihak FDA akan meneliti data perusahaan tentang keamanan dan efektivitas obat bernama molnupiravir ini, sebelum memberikan keputusan.

Merck dan mitranya Ridgeback Biotherapeutic mengatakan mereka secara khusus meminta FDA untuk mensahkan penggunaan darurat untuk orang dewasa penderita Covid-19 tingkat ringan hingga sedang. 

“Obat ini bernilai karena berbentuk pil, sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan infus dan peralatan lainnya,” kata Dr. Nicholas Kartsonis, Wakil Presiden Senior unit penyakit menular Merck.
 

“Saya pikir ini adalah pil yang sangat penting untuk disimpan di kotak obat,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press

Penulis : Tussie Ayu Editor : Gading-Persada

Sumber : Associated Press


TERBARU