> >

Peneliti Bongkar Dugaan Asal Ribuan Tulang Manusia dan Hewan di Gua Lava Arab Saudi: karena Dimangsa

Kompas dunia | 8 Oktober 2021, 08:04 WIB
Para ilmuwan menemukan ratusan ribu tulang hewan dan manusia di sebuah gua di barat laut Arab Saudi (Sumber: Al Arabiya via Kompas.com)

RIYADH, KOMPAS.TV— Mengerikan. Ribuan tulang belulang manusia dan hewan serta sejumlah bangkai binatang ditemukan di dalam Gua Lava Arab Saudi yang diduga sudah berusia ribuan tahun.

Para peneliti yang menemukannya pun memperkirakan asal munculnya ribuan tulang-tulang belulang yang ditemukan di dalam gua lava bernama Umm Jirsan tersebut.

Seperti diberitakan Kompas TV sebelumnya, Live Science yang dikutip dari Daily Star melaporkan sekitar 1.900 tulang tersebut telah dianalisis oleh peneliti.

Tulang-tulang tersebut juga milik dari 40 mahluk yang berbeda, termasuk dua tulang fragmen manusia. Sedangkan yang lainnya adalah milik keledai, kambing, unta dan anjing.

Para ahli mengatakan hyena kemungkinan tak membunuh mangsa manusia mereka.
Tetapi, mereka menggali jasad dari lokasi kuburan di dekatnya dan memangsa mereka di sarang mereka.

Baca Juga: Sepasang Suami Istri Baru Sadar Ada Gua Lava Besar di Bawah Rumah Mereka Setelah 4 Tahun Tinggal

Sedangkan grup peneliti lainnya percaya banyaknya tulang tersebut disebabkan oleh serigala.
Mereka pun menamakan tempat tersebut sebagai ‘Sarang Serigala’.

Namun, pada penelitian terbaru ditemukan kemungkinan besar sarang tersebut milik hyena belang, yang diketahui memangsa berbagai hewan, termasuk manusia.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan, kunyahan dan tanda pencernaan yang tertinggal di tulang cocok dengan hyena moderen.

“Hyena belang adalah akumulator tulang yang paling mungkin di Umm Jirsan,” kata Pemimpin penelitian dan penulisan, Mathew Stewart.

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU