> >

Polisi Afghanistan Kembali Bekerja Berdampingan dengan Tentara Taliban

Kompas dunia | 12 September 2021, 22:22 WIB
Polisi Afghanistan di bandara Kabul kembali bekerja menjaga pos pemeriksaan bersama petugas keamanan Taliban untuk pertama kalinya sejak kelompok itu merebut kekuasaan, seperti dilansir France24, hari ini (Minggu 12/9/2021). (Sumber: France24 via AFP)

KABUL, KOMPAS.TV - Polisi Afghanistan di bandara Kabul kembali bekerja menjaga pos-pos pemeriksaan berdampingan dengan petugas keamanan Taliban untuk pertama kalinya sejak kelompok itu merebut kekuasaan. Demikian dilansir France24, hari ini (Minggu 12/9/2021).

Ketika Taliban merebut Kabul bulan lalu dan menggulingkan pemerintahan Ashraf Ghani, para anggota polisi meninggalkan pos-pos mereka karena khawatir dengan keselamatan mereka.

Tetapi dua petugas mengatakan mereka kembali bekerja pada Sabtu (11/9/2021) setelah menerima telepon dari komandan Taliban.

Hari ini, jurnalis di bandara melihat anggota polisi perbatasan dikerahkan di beberapa pos pemeriksaan di luar gedung utama bandara, termasuk terminal domestik.

"Saya kembali bekerja kemarin lebih dari dua minggu setelah dipulangkan," kata seorang polisi yang tidak ingin namanya dipublikasikan.

"Saya menerima telepon dari seorang komandan senior Taliban yang meminta saya untuk kembali," kata petugas lainnya.

"Kemarin hebat, senang sekali bisa melayani lagi."

Taliban memberikan amnesti umum kepada semua orang yang bekerja untuk pemerintah sebelumnya, termasuk tentara, polisi, dan cabang keamanan lainnya.

Para pejabat Taliban mengatakan mereka ingin mengintegrasikan pasukan lawan, tetapi belum menjelaskan bagaimana hal itu akan dilaksanakan dan bagaimana mereka akan mempertahankan aparat keamanan yang terdiri dari sekitar 600.000 orang.

Baca Juga: Taliban Eksekusi Mati Kepala Polisi Afghanistan, Menyerah Setelah Dikepung

Polisi Afghanistan di bandara Kabul kembali bekerja menjaga pos pemeriksaan di samping petugas keamanan Taliban untuk pertama kalinya sejak kelompok itu merebut kekuasaan seperti dilansir France24, hari ini (Minggu 12/9/2021) (Sumber: France24 via AFP)

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/France24/AFP


TERBARU