> >

Telah Terkonfirmasi, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Ada di Uni Emirat Arab

Kompas dunia | 19 Agustus 2021, 07:52 WIB
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani saat berbicara dalam upacara peringatan Tahun Baru Persia, Nowruz, di istana kepresiden di Kabul, Afghanistan, 21 Maret 2021. Saat Taliban menduduki ibu kota pada Minggu (15/8/2021), Ghani dituding membawa lari uang tunai dalam 4 mobil dan 1 helikopter. (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul, File)

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Keberadaan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah dikonfirmasi oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA).

Atas dasar kemanusiaan, Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional UEA menyatakan, pihaknya menerima Ghani yang kabur dari Afghanistan sebab Taliban telah merebut Kabul.

"Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional mengonfirmasi bahwa UEA telah menyambut Presiden Ashraf Ghani dan keluarganya dengan alasan kemanusiaan," kata kementerian tersebut, melansir The Straits Times, Rabu (18/8/2021).

Sebelumnya, Ghani dilaporkan meninggalkan Afghanistan dan tidak diketahui lari ke mana sejak Taliban menduduki Kabul, Minggu (15/8/2021).

Baca Juga: Begitu Cepat, Jenderal AS Tak Menduga Afghanistan Jatuh ke Tangan Taliban Hanya dalam 11 Hari

Hingga Rabu, sejumlah spekulasi terkait tempat pelarian Ghani pun masih bermunculan, seperti Tajikistan, Uzbekistan, atau Oman.

Melalui unggahan di Facebook, Ghani mengaku terpaksa melarikan diri agar tidak terjadi pertumpahan darah karena Taliban telah berhasil meraih kemenangannya.

Taliban dengan cepat menduduki satu demi satu wilayah di Afghanistan, sejak pasukan Amerika Serikat (AS) ditarik mundur dari negara tesebut.

Puncaknya, dalam hitungan sebelas hari, kelompok milisi tersebut berhasil menduduki Kabul setelah mereka menduduki ibu kota provinsi pertama di Afghanistan.

Baca Juga: Taliban Temui Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : The Straits Times


TERBARU