> >

Laguna di Argentina ini Berubah Warna Jadi Merah Muda Cerah karena Alasan yang Mengerikan

Kompas dunia | 27 Juli 2021, 04:45 WIB
Selama sepekan terakhir, laguna Corfo di selatan Patagonia di Argentina, berubah warna jadi merah muda cerah. Fenomena mengejutkan sekaligus mengerikan ini menurut para ahli dan aktivis lingkungan, disebabkan oleh polusi akibat pembuangan limbah pengawet ikan dan udang ekspor. (Sumber: AFP )

TRELEW, KOMPAS.TV – Sebuah laguna di kawasan Patagonia selatan, Argentina mengalami fenomena mengejutkan sekaligus mengerikan. Warna laguna itu berubah menjadi merah muda cerah.

Para ahli dan aktivis lingkungan menyalahkan polusi yang diakibatkan oleh bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan udang ekspor.

Melansir Daily Mail pada Senin (26/7/2021), para aktivis menyatakan, perubahan warna laguna itu disebabkan oleh natrium sulfit, sebuah produk antibakteri yang digunakan di pabrik-pabrik ikan.

Limbah produk ini dituding telah mengontaminasi sungai Chubut yang mengalir ke Laguna Corfo dan sumber air lain di kawasan itu.

Sejak lama, para penduduk di kawasan itu telah mengeluhkan bau busuk dan sejumlah masalah lingkungan yang terjadi di sekitar sungai dan laguna itu.

“Mereka yang memegang kendali adalah mereka yang memberi wewenang untuk meracuni orang-orang,” ujar aktivis lingkungan Pablo Lada, menyalahkan pemerintah atas kerusakan lingkungan yang terjadi.

Baca Juga: Darurat Polusi Udara, Pemerintah Makedonia Perpanjang Liburan Musim Dingin

Laguna itu berubah merah muda pada pekan lalu, kata Lada, dan warnanya tetap seperti itu pada Minggu (25/7/2021). Lada tinggal di kota Trelew, tak jauh dari laguna yang terletak sekitar 1.400 kilometer di selatan ibu kota Argentina, Buenos Aires.

Insinyur lingkungan dan ahli virus Federico Restrepo menyatakan, perubahan warna itu terjadi karena natrium sulfit yang terdapat dalam limbah ikan. Limbah ini, berdasarkan hukum, harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang.

Laguna Corfo, yang tak digunakan untuk rekreasi, menerima limpasan dari kawasan industri Trelew. Sebelumnya, laguna ini sempat berubah warna menjadi magenta.

Laguna Corfo di selatan Patagonia, Argentina, berubah warna jadi merah muda cerah selama sepekan terakhir. (Sumber: AFP )

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Daily Mail


TERBARU