> >

Gedung Apartemen 5 Lantai di Mesir Runtuh, Sedikitnya 5 Orang Tewas

Kompas dunia | 27 Juni 2021, 04:05 WIB
Ilustrasi gedung apartemen runtuh.  (Sumber: Twitter @MiamiDadeFire)

KAIRO, KOMPAS.TV – Sebuah gedung apartemen 5 lantai runtuh di kota Attarin, Alexandria, Mesir, hingga menewaskan sedikitnya lima orang perempuan.

Melansir Associated Press pada Sabtu (26/6/2021), selain kelima korban tewas, seorang perempuan berusia 70 tahun juga terluka.

Tim penyelamat berhasil mengeluarkan tiga orang dari reruntuhan dan segera melarikan mereka ke rumah sakit. Masih belum jelas apakah masih ada korban lain di dalam gedung yang runtuh pada Jumat (25/6/2021) itu.

Baca Juga: Stres Bisnisnya Gagal, Pria Malaysia Tewas Setelah Lompat dari Lantai 10 Apartemen

Belum diketahui penyebab runtuhnya gedung. Namun, insiden gedung runtuh terbilang jamak terjadi di Mesir, yang memiliki banyak konstruksi gedung tak berkualitas di area pemukiman kumuh, kawasan kota yang miskin dan area pedesaan.

Pada Maret lalu, sebuah gedung apartemen runtuh di Kairo dan menewaskan sedikitnya 25 orang.

Menjamurnya real estat berharga mahal di kota-kota besar seperti Alexandria dan Kairo membuat para pengembang berupaya mengeruk keuntungan maksimal. Hingga, mereka kerap melanggar izin perencanaan pembangunan. Lantai-lantai tambahan ditambahkan tanpa izin sesuai dari pemerintah.

Pemerintah baru-baru ini melakukan penindakan tegas terhadap bangunan-bangunan ilegal di seluruh negeri, menghukum penjara para pelanggar dan pada banyak kasus, menghancurkan gedung-gedung ilegal itu.

Baca Juga: Apartemen 9 Lantai Ambruk di Kairo Mesir, 5 Tewas

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU