> >

Indonesia Gencarkan Diplomasi Kopi ke China

Kompas dunia | 25 Maret 2021, 20:30 WIB
Seorang pencicip kopi mencoba uji kopi Indonesia pada acara Indonesia Coffee Day di Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, China selatan, pada Rabu (24/03/2021)). (Sumber: Xinhua)

GUANGZHOU, KOMPAS.TV - Indonesia menggencarkan kampanye dan promosi kopi Indonesia di China dengan menggelar perhentian pertama "Indonesia Coffee Day". 

Djauhari Oratmangun, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk China, pada Rabu (24/03/2021) berkunjung ke Guangzhou, China selatan, mengawali perhentian pertama "Indonesia Coffee Day" di China seperti dilansir Xinhua, Kamis, (25/03/2021)

Pada acara tersebut, Djauhari memperkenalkan berbagai keunggulan dan ciri khas kopi produksi Indonesia kepada para pelaku bisnis dan pakar di bidang industri kopi di China.

Menurutnya, pasar konsumen kopi China memiliki potensi yang sangat besar, dan beberapa tahun belakangan ini semakin banyak konsumen yang menerima dan menyukai kopi.

Baca Juga: Selain Micin, Kopi juga Bisa Jadi Pupuk Tanaman Tambah Subur, Begini Caranya

Ilustrasi kopi, minum kopi. Djauhari Oratmangun, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk China, pada Rabu (24/03/2021) berkunjung ke Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, China selatan, mengawali perhentian pertama "Indonesia Coffee Day" di China. (Sumber: Shutterstock)

Biji kopi Indonesia yang diekspor ke China saat ini proporsinya masih relatif kecil, namun laju pertumbuhannya pesat.

"Ke depan, industri konsumsi kopi di China akan berkembang cepat, kami melihat banyak mitra kerja sama potensial," kata Djauhari.

Huang Jie, seorang pedagang kopi asal China yang juga merupakan direktur Guangzhou Wanyu Experience Center, mengatakan kopi Mandailing merupakan jenis kopi Indonesia yang paling laris di pasar China.

Di masa mendatang, dia akan mempertimbangkan untuk mengimpor berbagai jenis kopi lainnya dari Indonesia agar konsumen dapat menikmati rasa kopi yang lebih kaya. 

Duta besar RI tersebut baru-baru ini mengunjungi Shanghai, Fuzhou, Guangzhou, dan sejumlah tempat lain di China untuk berpartisipasi dalam pameran luring (offline) tradisional untuk mempromosikan kopi dan produk-produk Indonesia lainnya.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU