> >

1,804 Pengungsi Rohingya Gelombang Kedua Dipindahkan Bangladesh ke Pulau Bhasan Char

Kompas dunia | 29 Desember 2020, 20:33 WIB
Pengungsi Rohingya di kapal angkatan laut ke pulau Bhasan Char di Teluk Bengal, Bangladesh, Selasa, 29 Desember 2020. Kantor Perdana Menteri menyatakan pengungsi Rohingya pindah secara sukarela di bawah manajemen pemerintah. (Sumber: AP Photo)

DHAKA, KOMPAS TV – Tujuh kapal angkatan laut Bangladesh tiba di Pulau Bhasan Char membawa 1,804 pengungsi Rohingya, tempat relokasi pengungsi yang disiapkan pemerintah Bangladesh lengkap dengan fasilitas perumahan, pendidikan dan kesehatan.

Associated Press mengutip pernyataan pejabat Bangladesh melaporkan, pengungsi Rohingya itu tiba setelah perjalanan 4 jam dari pelabuhan Chittagong, berjumlah 433 laki-laki, 523 perempuan, dan 848 anak-anak.

Pemindahan pengungsi ini dilaksanakan ditengah kekuatiran kelompok HAM atas keselamatan mereka di tempat relokasi tersebut.

Pulau Bhasan Char muncul 20 tahun lalu dan selama ini tidak berpenghuni. Berbagai laporan menyebutkan pulau itu kerap dilanda banjir dan badai, namun pemerintah Bangladesh mengeluarkan dana 112 juta dollar membangun perumahan, rumah sakit, masjid, sekolah, dan tanggul di sepanjang pantai.

Baca Juga: Bangladesh Akan Kirim Gelombang Kedua Pengungsi Rohingya ke Pulau Bhasan Char

Kelompok ini adalah yang kedua dari kamp pengungsi raksasa di Cox’s Bazar. Kelompok pertama sejumlah 1,642 pengungsi sudah pindah pada awal Desember.

Laksamana Madya Md. Mozammel Haque, komandan angkatan laut setempat mengatakan, jumlah pengungsi yang sukarela ikut relokasi tahap kedua ini “melampaui harapan”.

Haque mengatakan, pemerintah awalnya mengira jumlahnya hanya mencapai 1,200 orang, namun pada tahap kedua ini yang mendaftar sejumlah 1,804 orang.

Fasilitas yang dibangun pemerintah Bangladesh dirancang untuk dapat mengakomodasi 100,000 orang, hanya secuil dari satu juta pengungsi Muslim Rohingya yang mengungsi dari ekses tindakan militer di Myanmar dan saat ini tinggal di Cox’s Bazar.

Baca Juga: Bangladesh Akan Terapkan Hukuman Mati bagi Pelaku Pemerkosaan

Penulis : Edwin-Shri-Bimo

Sumber : Kompas TV


TERBARU