> >

Menteri Luar Negeri Hungaria Positif Covid-19, Kunjungan di Thailand Dibatalkan

Kompas dunia | 4 November 2020, 23:23 WIB
Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto. (Sumber: AP Photo)

BANGKOK, KOMPAS.TV – Menteri Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria dinyatakan positif Covid-19 sesaat setelah tiba di Thailand, demikian pernyataan resmi  Thailand dan Hungaria, Rabu (4/11) seperti dilansir dari Asssociated Press.

Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul menyatakan, Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto (42) yang tiba bersama 12 anggota delegasinya langsung menjalani tes Covid-19 sesaat setelah mereka tiba dari Kamboja, Selasa (3/11). Namun, hanya Szijjarto yang dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Kantor berita Hungaria MTI, mengutip pernyataan kepala media kementerian luar negeri Hungaria, juga mengonfirmasi hal ini.

Baca Juga: Menlu Jerman: Jerman Periksa Aktivitas Raja Thailand

Szijjarto yang menjalani tes Covid-19 selama dua kali, langsung mendapat penanganan sementara di Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura Thailand. Szijjarto akan dipulangkan dengan pesawat terpisah dari anggota delegasinya ke Hungaria.  

Delegasi Hungaria dijadwalkan berada di Thailand selama dua hari dalam kunjungan resmi untuk mempererat hubungan kedua negara, terutama di bidang ekonomi. Semula, Szijjarto juga akan melakukan kunjungan kehormatan pada Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai. Namun, semua rencana ini terpaksa dibatalkan.

Melalui laman Facebooknya, Szijjarto menyatakan bahwa ia akan kembali ke Hungaria pada Rabu malam.

“Saya tidak ingin situasi ini terjadi pada siapapun,” tulisnya, tanpa merinci penyakitnya.

Szijjarto memuji pihak berwenang Thailand atas bantuan mereka.

Kunjungan di Kamboja

Penulis : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU