> >

Setelah Elif, Kini Giliran Ayda Berhasil Diselamatkan dari Reruntuhan Gempa

Kompas dunia | 3 November 2020, 21:15 WIB
Para petugas tengah menyelamatkan Ayda Gezgin (3) dari reruntuhan gempa di Izmir, Turki, Selasa (3/11). (Sumber: AP Photo)

IZMIR, KOMPAS.TV – Saat harapan untuk menemukan korban selamat dari timbunan reruntuhan gempa di Turki meredup, keajaiban kembali terjadi. Selasa (3/11), 4 hari setelah gempa berkekuatan 7 Magnitudo mengguncang Turki dan Yunani, para petugas berhasil menyelamatkan seorang gadis kecil dari timbunan reruntuhan sebuah apartemen di Izmir.

Diiringi tepuk tangan dan seruan “Allah Maha Hebat!”, para petugas mengusung gadis kecil itu ke dalam ambulans.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengidentifikasi si gadis kecil sebagai Ayda Gezgin yang berusia 3 tahun. Ayda terperangkap dalam reruntuhan gempa selama 91 jam sejak gempa mengguncang Laut Aegea, Jumat lalu. Ayda menjadi orang ke-107 yang berhasil diselamatkan dari reruntuhan gempa.

Baca Juga: Ajaib! Elif Selamat Setelah Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan Gempa

Sayangnya, ibunda Ayda tidak selamat. Jenazahnya ditemukan beberapa jam kemudian. Sementara, kakak dan ayah Ayda tak tengah berada dalam apartemen saat gempa terjadi.

Kepada wartawan, petugas penyelamat Nusret Aksoy menceritakan kisahnya menemukan Ayda. Saat ia tengah memeriksa puing reruntuhan apartemen 8 lantai itu, tiba-tiba ia mendengar teriakan anak kecil. Ia segera meminta rekan-rekannya berhenti bekerja agar dapat mendengarkan suara itu lebih jelas.

Ibrahim Topal dari lembaga bantuan kemanusiaan IHH mengatakan, “Saya dan rekan saya saling berpandangan dan bertanya “Apa kau juga mendengar itu?” Kami mendengarkan lagi. Ada suara yang sangat lemah yang bilang seperti, “Saya di sini.” Lalu kami mematikan seluruh peralatan mesin kami, dan mulai mendengarkan lagi. Dan benar, ada suara itu.”

Aksoy dan rekan-rekannya kemudian berhasil menemukan si gadis kecil dalam sebuah ruang sempit di sebelah mesin pencuci piring. Si gadis kecil melambai lemah, menyebutkan namanya pada Aksoy, dan mengatakan bahwa ia baik-baik saja.

Ayda Gezgin (3) berhasil ditemukan di antara reruntuhan gempa, Selasa (3/11), empat hari setelah gempa melanda Turki dan Yunani. (Sumber: AP Photo)

“Saya merinding, dan rekan saya Ahmet menangis,” ujar Aksoy pada TV HaberTurk seperti dilansir dari Associated Press.

Kementerian Kesehatan Turki menyatakan, Ayda berada dalam kondisi baik, namun tetap berada dalam perawatan dan pengawasan rumah sakit selama beberapa waktu. Dalam perjalanan ke rumah sakit, Ayda mencari sang ibunda, juga meminta bakso dan minuman yoghurt.

Penulis : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU