> >

Sosok Keith Raniere, Sang Pemimpin Sekte Seks NXIVM yang Divonis 120 Tahun Penjara

Kompas dunia | 28 Oktober 2020, 23:07 WIB
Keith Raniere, pemimpin sekte seks NXIVM yang divonis 120 tahun penjara. (Sumber: nytimes.com)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Keith Raniere (60), pemimpin sekte seks NXIVM (baca: nexium) menuai vonis 120 tahun penjara atas kejahatan seksual sistematis yang dilakukannya terhadap para perempuan muda yang menjadi pengikutnya. Siapakah sosok keji ini?

Dikutip dari Wikipedia, Keith Allen Raniere lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat (AS) pada 26 Agustus 1960. Ayahnya, James Raniere, adalah seorang pemasang iklan dan ibunya, Vera Oschypko, seorang instruktur dansa yang gemar meminum minuman keras. Saat Keith dewasa, ia menyebut sosok sang ibu sebagai alkoholik. Saat Keith berumur 5 tahun, keluarganya pindah dari Brooklyn ke Suffern, New York. Tiga tahun kemudian, kedua orang tua Keith bercerai.

Baca Juga: Pemimpin Sekte Seks NXIVM Divonis 120 Tahun Penjara

Masa Kecil dan Remaja Keith

Karakter Keith yang merasa superior hingga ia mampu menjadi pemimpin sekte, ternyata sudah terbentuk sejak kecil. Ini diceritakan oleh mantan pasangan Keith, Barbara Bouchey, yang mendengar cerita ini dari James, ayah Keith.

Saat itu, James dan Vera menyanjung putra mereka sebagai anak cerdas dan berbakat. Dalam semalam, sosok kanak-kanak Keith berubah seketika. “Esoknya dia berubah seperti sosok Yesus Kristus. Dia (Keith) merasa superior dan lebih baik dari orang-orang lainnya, merasa dirinya adalah dewa,” kisah Bouchey. James bahkan mengingat momen perubahan Keith itu sebagai momen dramatis yang begitu mendalam.

Di usia 13 tahun, Keith sudah lihai merayu gadis-gadis. “Lusinan gadis datang ke rumah dan Vera sempat menguping pembicaraan Keith pada mereka. Keith mengatakan pada setiap gadis hal yang sama: ‘Aku mencintaimu. Kamu istimewa dan penting bagiku. Kamulah satu-satunya dalam hidupku dan aku mencintaimu.’,” kisah Bouchey yang memperoleh cerita ini dari Vera, ibunda Keith. “Vera lalu bilang, “Dia jelas-jelas berbohong!”

Baca Juga: Jual Tiket Surga, Pimpinan Sekte ini Ditangkap Polisi

Prestasi Tak Valid

Keith lulus SMA dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-18. Di tahun 1982, di usia 22 tahun, Keith lulus dari Institut Politeknik Rensselaer dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 2,26.

Penulis : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU