> >

Anti Loyo, Ini 7 Tips Tetap Bugar Saat Puasa, Perhatikan Asupan Sahur dan Berbuka

Tips, trik, dan tutorial | 23 Maret 2023, 13:49 WIB
Keluarga buka puasa bersama. Ilustrasi - Tips berpuasa secara sehat dan bugar. (Sumber: Ilustrasi Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ada tujuh tips berpuasa sehat dan bugar selama Ramadhan 1444H/2023M. Tips ini dibagikan oleh pakar ilmu kesehatan sekaligus Direktur Pasca-Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama.

Pertama, setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan dapat berupa kombinasi dari makanan pokok seperti beras, jagung, roti, ubi, dan lauk-pauk seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, sayur dan buah dalam berbagai variasinya.

"Lalu, hindarilah makan makanan yang terlalu asin dan juga hindari pula makan makanan tinggi lemak setiap hari," tutur Tjandra yang juga Mantan Direktur WHO Asia Tenggara, di Jakarta, Kamis (23/3/2023), dikutip dari Antara.

Kedua, perbanyak minum air putih, sedapatnya delapan hingga sepuluh gelas mulai sejak buka puasa sampai waktu sahur.

"Juga, sebaiknya memang berbuka puasa dengan air putih, dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain. Khusus untuk buah, akan baik kalau makan satu porsi lagi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur," ujarnya.

Ketiga, tetap lakukan olah raga atau aktivitas fisik yang memungkinkan. Jenis aktivitas, durasi, pemilihan waktu, dan intesitasnya dapat disesuaikan umur, daya tahan tubuh, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Perut Begah setelah Sahur, Pernah Mengalaminya?

"Yang pasti, olahraga tetap perlu kita lakukan selama sebulan Ramadan," kata Tjandra.

Keempat, momentum Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk membiasakan diri berhenti dari konsumsi rokok.

"Asap rokok membahayakan diri anda dan orang-orang sekitar anda, hentikan merokok sekarang juga. Bulan puasa merupakan saat yang tepat untuk berhenti merokok, sehingga pada bulan-bulan berikutnya akan lebih mudah meninggalkan perilaku tersebut," katanya.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU